Ini 4 Manfaat Makan Buah Rambutan yang Perlu Diketahui

Febi Anindya Kirana09 Mar 2020, 16:45 WIB
rambutan

ringkasan

  • Melawan radikal bebas
  • Pencernaan lancar dan sehat
  • Menurunkan berat badan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Buah rambutan yang manis mungkin banyak disukai namun pasti tak banyak yang tahu apa saja manfaatnya makan buah rambutan karena orang juga tak banyak yang tahu kandungan nutrisi dalam buah rambutan.

Di balik bentuknya yang kecil, buah rambutan ternyata memiliki banyak manfaat yang tak terduga, seperti sekian manfaat kesehatan berikut ini.

1. Melawan radikal bebas

Rambutan kaya antioksidan berupa vitamin C yang tinggi sehingga mampu melawan radikal bebas. Jika makan 5-6 buah rambutan mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 50%.

2. Pencernaan lancar dan sehat

Karena mengandung serat tinggi yang mudah larut, buah rambutan mampu membantu mendorong sisa makanan lebih cepat dan membersihkan usus. Serat juga dibutuhkan untuk menjaga bakteri sehat di usus yang mencegah inflamasi pada sistem pencernaan.

3. Menurunkan berat badan

rambutan
ilustrasi buah rambutan/photo copyright by Isarapic (Shutterstock)

Memang kadar gulanya tinggi namun ternyata kandungan kalorinya tidak besar sehingga cocok untuk buah diet menurunkan berat badan. Karena seratnya yang tinggi, rambutan mampu membuat perut kenyang lebih lama.

4. Melawan infeksi

Karena kaya vitamin C, rambutan mampu meningkatkan sistem imun tubuh serta mengurangi risiko tubuh terserang infeksi penyakit. Vitamin C mampu membantu produksi sel darah putih sehingga mampu melawan infeksi.

Beberapa penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central menunjukkan ada kemungkinan manfaat kesehatan lain adalah mencegah kanker, mencegah diabetes hingga penyakit jantung, namun diambil dari ekstrak biji dan kulit rambutan.

Jadi, itu dia sekian manfaat kesehatan rambutan yang perlu diketahui. Bisa dimakan kapan saja saat menginginkannya ya.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓