Cegah Virus, Ini Alasan Seharusnya Tidak Berbagi Gelas Minum dengan Orang Lain

Febi Anindya Kirana10 Mar 2020, 14:43 WIB
Minum air putih

Fimela.com, Jakarta Dengan musim penghujan yang rentan membuat banyak orang sakit, salah satu ancaman penyakit baru pun muncul. Mirip gejala flu, virus corona menjadi penyakit yang saat ini sedang sangat dihindari.

Karena penularannya yang mudah, salah satunya dari air liur, banyak orang harus diingatkan kembali untuk tidak sembarangan berbagi makan dan minum, salah satunya adalah berbagi gelas minum.

Secara sengaja maupun tak sengaja, terkadang kita akan berbagi minuman dengan orang terdekat entah itu dari gelas, sedotan atau botol yang sama. Sebaiknya kebiasaan ini jangan diteruskan. Bukan bermaksud pelit atau jijik, tapi lebih pada kepentingan kesehatan.

Jangan berbagi air minum dengan orang lain

air mineral
ilustrasi minum air mineral/Photo by Little Pig Studio from Shutterstock

Seperti dikatakan dokter Thomas P. Connelly, D.D.S., dalam Huffington Post, pasti ada sisa air liur pada bibir gelas atau botol jika berbagi minuman, dan air liur mengandung bakteri, virus dan mikroba lainnya sehingga kemungkinan besar membawa penyakit dari orang yang berbagi minum dengan kita.

Secara umum, banyak penelitian dan ahli kesehatan juga telah membuktikan bahwa air liur mampu menularkan penyakit, jadi alangkah baiknya jika tak berbagi gelas minum dengan orang lain.

Jadi, sebisa mungkin membawa botol air minum sendiri dan tak perlu meminjamkan tempat minum kita ke orang lain.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓