8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Gayuh Tri Pinjungwati11 Mar 2020, 20:15 WIB
skin food

Fimela.com, Jakarta Pola makan yang tidak sehat dapat merusak metabolisme, menyebabkan kenaikan berat badan dan bahkan merusak kesehatan jantung dan hati. Selain itu makanan yang kita konsumsi juga memengaruhi organ lain seperti kulit. Ketika para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang diet dan tubuh, semakin jelas bahwa apa yang kita konsumsi dapat secara signifikan memengaruhi kesehatan dan penuaan kulitmu. Kulit perlu untuk dirawat supaya tidak mengalami penuaan dini. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat, elastis, dan kenyal. Berikut ini kita akan membahas beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak baik, seperti salmon, makarel, dan herring adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Makanan tersebut kaya akan sumber asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan otak. Asam lemak omega-3 diperlukan untuk membantu menjaga kulit tetap tebal, kenyal, dan lembab. Faktanya, kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan kulit kering. Lemak omega-3 pada ikan dapat mengurangi peradangan, yang dapat menyebabkan kemerahan dan jerawat. Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E, salah satu antioksidan yang penting bagi kulit.

Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, lemak ini memiliki manfaat untuk tubuh salah satunya kesehatan kulit. Cukup mendapatkan lemak ini, sangat penting untuk menajga kulit fleksibel dan lembab. Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang merupakan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. 

Kacang Kenari

Kacang kenari memiliki banyak karakteristik yang menajdikannya makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Makanan ini adalah sumber lemak esensial yang baik, yang merupakan lemak yang tidak bisa dibuat oleh tubuh kita sendiri. Tidak hanya ikan berlemak, kacang kenari juga mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan kulit.

Ubi Jalar

ubi
Ilustrasi/copyrightshutterstock/mama_mia

Beta karoten adalah nutrisi yang ditemukan pada tanaman, yang berfungsi sebagai provitamin A, yang berarti dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Beta karoten ditemukan dalam jeruk dan sayuran seperti wortel, bayam, dan kentang manis. Ubu jalar adalah sumber yang baik untuk menjaga kulit tetap sehat. Beta karoten dapat berperan sebagai tabir surya alami.

Brokoli

Brokoli penuh dengan vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit, termasuk seng, vitamin A dan C. Ini juga mengandung lutein, karetenoid yang berfungsi sebagai beta karoten. Lutein membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang menyebabkan kulit menjadi kering dan kusut. Sulforaphane juga merupakan sumber pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Ia bekerja dalam dua cara yaitu menetralkan radikal bebas berbahaya dan menyalakan sistem perlindungan lain di tubuh.

Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon, kategori senyawa yang dapat mencegah estrogend alam tubuh. Isoflavon dapat menguntungkan beberapa bagian tubuh, termasuk untuk kesehatan kulit. Isoflavon dapat meningkatkan kolagen, elastisitas kulit, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV

Cokelat Hitam

coklat truffle
ilustrasi coklat truffle/copyright By AS Food studio (Shutterstock)

Selain dapat meningkatkan mood pada seseorang, cokelat hitam damapt menjaga kulit tetap sehat. Cokelat hitam dengan kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Selain itu cokelat hitam mampu melancarkan aliran darah, menjaga elastisitas kulit.

Teh Hijau

Teh hijau selain dapat menengkan pikiran, dapat juga membantu melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan. Senyawa kuat yang ditemukan dalam teh hijau disebut katekin dan berfungsi sebagai peningkatan kesehatan kulit. Selain itu teh hijau juga mengandung antioksidan untuk menjaga kelembaban kulit.

Semua makanan yang kita konsumsi secara signifikan dapat memengaruhi kesehatan kulit. Pastikan mendapatkan nutrisi penting yang cukup untuk melindungi kulitmu. Makanan dalam daftar diatas adalah pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan kulitmu.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓