Bukan Hanya Jadi Bumbu Dapur, Ini 7 Manfaat Kesehatan Asam Kandis

Febi Anindya Kirana12 Mar 2020, 12:42 WIB
asam kandis

Fimela.com, Jakarta Selama ini asam kandis hanya dikenal sebagai bumbu masakan dalam kuliner nusantara. Asam kandis murupakan salah satu bumbu dapur yang meskipun tidak digunakan di semua menu makanan namun mampu memberikan cita rasa berbeda dalam beberapa masakan seperti pada rendang, kari, pindang dan gulai. Tak banyak yang tahu bahwa ternyata asam kandis menyimpan berbagai manfaat kesehatan, seperti berikut.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dan vitamin C berperan aktif menjaga kesehatan tubuh terutama meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit karena mampu menguatkan sel darah putih.

2. Mencegah infeksi dan radang

Karena antioksidan berupa vitamin C yang tinggi, asam kandis secara alami mampu mencegah infeksi penyakit, baik dari virus maupun bakteri, apalagi asam kandis bersifat antimikroba. Peradangan dalam tubuh juga bisa dikurangi dengan asupan vitamin C.

3. Melawan radikal bebas

asam kandis
ilustarsi asam kandis/copyright by Santhosh Varghese Shutterstock

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Biomedicine & Pharmacotherapy menyebutkan asam kandis mengandung antioksidan tinggi sehingga sangat baik menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

4. Menjaga kesehatan jantung

Dalam penelitian sebelumnya, asam kandis mengandung senyawa xanthon, benzophenone, flavonoid, isocoumarin dan depsidone yang kesemuanya merupakan komponen obat yang mampu menjaga kesehatan tubuh, termasuk menjaha kesehatan jantung.

5. Mencegah diabetes

Asam kandis yang tidak mengandung gula sangat ampuh menurunkan kadar gula darah dan menjaga insulin tubuh sehingga sangat aman dijadikan minuman seduh hangat bagi penderita diabetes bahkan bisa mencegah diabetes.

6. Mencegah dan melawan kanker

Ilustrasi
Ilustrasi kunyit asam. (dok. Instagram @auntiekathyskitchen/https://www.instagram.com/p/B9jQnkDp0H_/)

Kandungan cytotoxic dalam asam kandis yang ebrsifat kemoterapi mampu mencegah dan membunuh sel-sel kanker, seperti diungkap dalam jurnal Biomedicine & Pharmacotherapy.

7. Menjaga kinerja optimal saraf

Selain vitamin C, asam kandis memiliki kandungan vitamin B kompleks yang tinggi, dan kandungan vitamin lengkap inilah yang berperan menjaga kerja saraf dan otot yang optimal.

Jadi, jangan hanya menganggap asam kandis sebagai bumbu dapur yang tidak begitu penting, karena ternyata asam kandis dapat dikonsumsi sehari-hari dengan berbagai manfaat kesehatan yang ia miliki.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓