Sukses

Lifestyle

Cegah Kerusakan Kulit dengan Mengurangi Konsumsi Ini

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit bisa dilakukan dengan banyak hal. Mulai dari menggunakan produk perawatan kulit yang tepat hingga mengatur asupan makan. Apa yang kita konsumsi sangat memengaruhi kesehatan kulit kita.

Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian klinis dan kosmetik di dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York City, seperti yang dilansir dari everydayhealth.com, mengungkapkan bahwa makanan kita sangat memengaruhi kesehatan kulit kita. Dia mengatakan bahwa nutrisi, mineral, dan protein yang terkandung dalam makanan menyokong produksi kolagen dan membran sel-sel yang sehat. Makanan yang kita konsumsi juga bisa melindungi kulit dari hal-hal yang berbahaya, seperti paparan sinar UV. Dr. Zeichner mengatakan bahwa makanan kita secara langsung memengaruhi penampilan kita dan penuaan kita.

Minum Air Putih Cukup Sangat Penting

Ya, air sangatlah bagus untuk kulit, tapi jangan sampai berlebihan. Tujuannya adalah menghindari dehidrasi. Jika kita dehidrasi, kulit dan membran mukosa kita akan kering dan pecah-pecah. Banyaknya air yang diminum pun disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, kebutuhan, dan berbagai faktor lain seperti kehamilan. Mencukupi kebutuhan air minum merupakan kunci penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat Olahan

Kebiasaan kita mengonsumsi gula atau makanan berpemanis juga sangat memengaruhi kulit kita. Gula dan karbohidrat rafinasi seperti soda, roti, dan pastri dapat memicu keriput dan penuaan dini, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Clinics in Dermatology. Mengonsumsi gula dan karbohidrat rafinasi dalam jumlah banyak dapat merusak elastisias kulit karena makanan tersebut memicu inflamasi dan menyebabkan pemecahan kolagen dan serat elastis.

Saat gula dan karbohidrat masuk ke dalam tubuh, maka kandungannya akan diolah menjadi glukosa yang akan menempel pada protein sehat serta mengganggu produksi kolagen dan elastin. Untuk itu, bila kita ingin menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, kita bisa memulainya dengan mengurangi konsumsi makanan berpemanis atau bergula. Kurangi juga makanan dengan kandungan karbohidrat olahan.

Bila ingin mengonsumsi makanan manis, bisa coba gunakan pemanis alami seperti madu. Mengonsumsi gula pun boleh saja, asalkan tidak sampai berlebihan. Batasi konsumsi karbohidrat olahan atau karbohidrat rafinasi untuk menjaga kesehatan kulit. Imbangi pula dengan pola makan sehat dan pola hidup seimbang untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading