Manfaat Sabun dan Hand Sanitizer untuk Menangkal Virus Corona

Annissa Wulan13 Mar 2020, 07:00 WIB
cuci tangan

Fimela.com, Jakarta Seperti yang kamu ketahui, saat ini banyak produk pembersih dan sanitasi terjual di tengah wabah virus Corona, termasuk sabun cuci tangan, tisu pembersih, dan hand sanitizer. Namun, tahukah kamu produk apa yang paling efektif untuk melindungi kamu dari penularan virus Corona?

Pertama, penting untuk memahami bagaimana virus Corona ini menyebar. Virus Corona disebarkan oleh tetesan. Tetesan ini adalah partikel kecil yang bersifat mikroskopis, mengandung virus, protein, dan karbohidrat.

Virus ini mampu melakukan perjalanan jarak pendek yang biasanya hanya kurang dari 1 meter. Jika seseorang batuk atau bersin, partikel yang mengandung virus Corona ini melakukan perjalanan di udara dan dapat dihirup oleh orang lain, seperti dilansir dari huffpost.com, Jumat (13/3/2020).

 

 

Sabun antibakteri tidak lebih baik dari sabun jenis lainnya

cuci tangan
ilustrasi mencuci tangan/copyright Pexels/Burst

Para pakar juga menyebutkan bahwa sekresi hidung atau mulut juga dapat menyebabkan penyebaran virus Corona, seperti bersentuhan dengan tisu atau berbagi minuman dengan orang yang terinfeksi. Virus Corona juga dapat menyebar dari tangan ke sebuah permukaan benda mati.

Inilah pentingnya rutin mencuci tangan untuk terhindar dari penyebaran virus Corona. Cucilah tangan dengan air selama setidaknya 20 detik.

Jenis sabunnya tidak penting karena COVID-19 adalah virus, sehingga sabun tangan antibakteri tidak akan memberi manfaat lebih dibandingkan sabun tangan jenis lainnya. Tidak ada bukti yang jelas bahwa sabun antibakteri bekerja lebih baik dari sabun lainnya, yang penting adalah proses mencuci tangan itu sendiri.

Hand sanitizer yang digunakan harus mengandung alkohol setidaknya 60%

cuci tangan
Ilustrasi cuci tangan./Copyright shutterstock.com/g/Yusei+Suzumura

Jika kamu tidak memiliki akses ke air dan sabun, baru gunakan hand sanitizer. Gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol setidaknya 60% atau lebih.

Intinya adalah kamu harus rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun jika tersedia atau hand sanitizer yang berbasis alkohol. Selain itu, ingatlah untuk tidak menyentuh wajah.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓