Membuat Smoothie yang Bikin Awet Kenyang, Simak Satu Tips Ini

Endah Wijayanti13 Mar 2020, 15:45 WIB
membuat smoothie

Fimela.com, Jakarta Menu sarapan yang kita pilih bisa memengaruhi energi yang didapatkan tubuh untuk beraktivitas sepanjang hari. Salah satu menu yang sering dipilih untuk sarapan adalah smoothie. Smoothie sangat mudah dan cepat dibuatnya sehingga cocok dipilih untuk sarapan.

Bagi yang ingin merasa kenyang lebih lama dengan smoothie, ada satu tips yang bisa dicoba. Melansir shape.com, agar smoothie yang kita konsumsi bisa membuat kita kenyang lebih lama maka kita perlu membuat smoothie yang kental. Sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa smoothie yang lebih kental bisa bantu kita mencapai target tubuh sehat yang kita inginkan.

Para peneliti meminta 15 pria meminum smoothie yang beragam dari segi kalori dan kekentalan. Setelah itu, para peneliti memindai perut para partisipan menggunakan MRI untuk mencari tahu seberapa kenyang mereka dari segi fisik dan bertahan kenyang berapa lama. Para partisipan juga diminta untuk membuat peringkat selera makan mereka dengan skala poin 100. Selama 1,5 jam, setiap 10 menit dicek.

Smoothie Kental Bikin Kenyang Lebih Lama

[Fimela] Smoothies
Ilustrasi Smoothie sehat | unsplash.com/@clau_clau

Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Partisipan yang meminum smoothie kental dengan 100 kalori merasa kenyang lebih lama dibandingkan partisipan yang meminum smoothie encer dengan 500 kalori. Tingkat kekentalan smoothie sangat memengaruhi lama tidaknya rasa kenyang bertahan.

Bila berencana sarapan dengan smoothie dan tak ingin merasa cepat lapar, cobalah untuk membuat smoothie yang kental. Yang tak kalah penting adalah pilih bahan-bahan yang bernutrisi, mengandung protein, dan lemak sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓