Cara Rumah Sakit Perketat Pencegahan dan Pengendalian Virus Corona

Fimela Editor13 Mar 2020, 19:30 WIB
corona

Fimela.com, Jakarta Dalam beberapa dasawarsa terakhir, sejumlah penyakit infeksi baru atau emerging infectious diseases (EIDs) telah menjangkiti masyarakat Indonesia. Contohnya virus Corona (Covid-19) yang saat ini sedang menyebar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) berkerjasama dengan PT Unilever Indonesia, Tbk. membahas mengenai kewaspadaan industri rumah sakit dalam menghadapi potensi penyebaran virus COVID-19 yang mulai merebak di Indonesia. Selain itu, penting juga meningkatkan kesadaran masayarakat akan pentingnya hand hygiene atau kebersihan tangan untuk melindungi diri, keluarga dan lingkungan dari virus corona.

Per 13 Maret 2020, data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE menunjukkan jumlah orang yang terinfeksi virus Covid-19 secara global mencapai 128.343 jiwa, dan angka kematiannya telah mencapai 4.720 jiwa. Di Indonesia, hingga saat ini sudah terdapat lebih dari 30 jumlah kasus positif virus COVID-19.

Menanggapi hal ini, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan telah menyiapkan 137 rumah sakit rujukan yang tersebar di 32 provinsi, seluruhnya dinilai mampu menangani pasien yang terkonfirmasi virus COVID-19.

 

PERSI dan Unilever Indonesia
PERSI dan Unilever Indonesia Diskusikan Kewaspadaan Rumah Sakit dan Masyarakat dalam Hadapi Potensi Penyebaran Virus COVID-19

Lima Langkah Lawan Virus Corona

PERSI dan Unilever Indonesia
PERSI dan Unilever Indonesia Diskusikan Kewaspadaan Rumah Sakit dan Masyarakat dalam Hadapi Potensi Penyebaran Virus COVID-19

dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M. Kes. selaku Ketua PERSI menjelaskan jika seluruh rumah sakit tanpa terkecuali wajib memperketat program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) yang terintegrasi, terprogram dan terpantau. Di dalam PPI, kebersihan tangan menggunakan sabun dan desinfektan adalah sarana efektif untuk mencegah dan mengendalikan infeksi.

Lifebuoy memfokuskan lima langkah lawan corona virus. Yaitu; lakukan cuci tangan terutama di 5 saat penting, aplikasikan sanitizer saat berada diluar rumah, waspada selalu terhadap bersin dan batuk dengan menggunakan tissue dan masker, ajak keluarga dan kerabat yang sakit segera ke dokter, dan no kontak terhadap hewan liar dan binatang ternak.

Dari tahun 2004, Unilever melalui brand Lifebouy sudah mengedukasi berbagai lapisan masyarakat tentang pentingnya cuci tangan dengan sabun di waktu-waktu yang tepat. Mulai dari kalangan sekolah, ibu-ibu PKK, pasar tradisional, dan lainnya.

Rumah sakit merupakan salah satu pilar penting dalam menyebarluaskan edukasi kebiasaan cuci tangan. Oleh karena itu, melalui Lifebuoy, secara simbolis menyerahkan dukungan berupa produk sabun cuci tangan ke delapan rumah sakit rujukan yang tersebar di wilayah Jakarta, termasuk RSPI Sulianti Saroso.

(Zhafira Majdina)

Simak Video Menarik Berikut Ini;

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓