Sukses

Lifestyle

5 Jenis Minyak Atsiri untuk Sakit Kepala dan Migrain

Fimela.com, Jakarta Minyak atsiri adalah cairan yang terbuat dari daun, batang, bunga, kulit kayu, akar, atau elemen tumbuhan lainnya. Aromaterapi sering melibatkan minyak esensial yang dapat menawarkan manfaat kesehatan seperti mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi melalui rangsangan sensorik (aroma).

Minyak atsiri bahkan mampu membantu mengobati kondisi tertentu, seperti sakit kepala atau migrain. Minyak yang berbeda menawarkan manfaat yang berbeda pula. Beberapa minyak atsiri dapat mengurangi stres, yang dapat merekdakan sakit kepala atau menenangkan rasa sakit. Berikut ini beberapa jenis minyak atsiri yang dapat mengurangi rasa sakit kepala dan migrain.

Minyak lavender

Minyak esensial lavender umumnya digunakan untuk menghilangkan stres dan relaksasi. Ada juga bukti kuat bahwa lavender dapat membantu mengobati sakit kepala dan migrain.Menghirup aroma dari minyak esensial lavender dapat membantu manajemen akut sakit kepala migrain. Satu studi menemukan bahwa orang melaporkan signifikan pengurangan rasa sakit setelah hanya lima belas menit menghirup minyak lavender. utnuk menggunakannya bisa mengoleskan minyak lavender encer pada kulit atau menambahkan minyak encer ke dalam bak air hangat untuk mendapatkan manfaatnya.

Minyak Esensial Chamomile

Minyak esensial chamomile merilekskan tubuh dan menenangkan otot, dan untuk alasan ini bisa sangat membantu dalam mengobati sakit kepala karena tegang. Ini juga dapat membantu mengobati kecemasan dan insomnia , yang merupakan penyebab umum sakit kepala. Wanita hamil sebaiknya tidak menggunakan minyak esensial chamomile karena mengandung risiko keguguran. Untuk menggunakannya teteskan minyak esensial chamomile yang diencerkan dengan minyak kelapa dalam bak mandi atau air panas dan menghirup uapnya.

Eucalyptus

Jika sakit kepala yang disebabkan oleh masalah sinus, minyak esensial eucalyptus dapat menjadi obat ampuh untuk dirimu. Minyak ini akan membuka saluran hidung, membersihkan sinus, dan dapat membantu meredakan ketegangan sinus yang menyebabkan sakit kepala. Satu studi juga menemukan bahwa kombinasi minyak peppermint, minyak kayu putih, dan etanol disediakan efek relaksasi untuk kedua otot dan pikiran, yang bisa membantu menenangkan sakit kepala. Cara menggunakannya dapat mengoleskannya ke dada untuk membantu membersihkan sinus atau menambahkan beberapa tetes ke air panas dan hirup uapnya.

Minyak Peppermint

Minyak peppermint adalah salah satu minyak esensial yang paling umum digunakan untuk mengobati sakit kepala atau migrain. Minyak ini mengandung mentol yang dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit. Untuk cara menggunakannya yaitu encerkan peppermint dengan salah satu minyak lainnya seperti minyak kelapa dan oleskan pada bagian yang merasa sakit.

Minyak rosemary

Minyak rosemary memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik (penghilang rasa sakit) yang kuat. Ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun untuk mengurangi stres, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan sirkulasi, yang semuanya dapat membantu sakit kepala. Ini juga membantu mengurangi insomnia dan mengendurkan otot, yang dapat membantu mengatasi sakit kepala. Untuk menggunakannya dengan memijat bagian yang sakit dengan beberapa tetes minyak rosemary yang dicampur dengan minyak kelapa.

Minyak atsiri dapat memiliki banyak manfaat ketika digunakan dengan benar dan dapat membantu meringkankan sakit kepala dan migrain. Jika rasa sakit kepala dan migrain masih terasa, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading