Sendiri Berbeda dengan Kesepian, Inilah Momenmu untuk Lebih Mengenal Diri

Ayu Puji Lestari18 Mar 2020, 11:15 WIB
zodiak mingguan

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri bukanlah tindakan egois. Justru dengan mencintai diri sendiri, kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Di antara kita ada yang harus melewati banyak hal berat dalam hidup sampai rasanya sudah tak punya harapan apa-apa lagi. Namun, dengan kembali mencintai diri sendiri dan membenahi diri, cahaya baru dalam hidup akan kembali bersinar. Melalui salah satu tulisan yang dikirimkan Sahabat Fimela dalam Lomba My Self-Love Story: Caramu untuk Mencintai Diri ini kita akan memetik sebuah inspirasi baru yang dapat mencerahkan kembali hidup kita.

Oleh: Setyati Ayu Ahmadi

Terkadang sendirian itu bisa menjadi sebuah masalah, adanya label ansos atau anti sosial, membuat banyak orang enggan melakukan kegiatannya sendiri. Manusia memang makhluk sosial, namun ada kalanya manusia itu sendiri membutuhkan waktu untuk mengenal dirinya secara lebih dalam. Sendiri, bukanlah sebuah masalah besar. Banyak juga lho, hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan sendiri.

Saya banyak menghabiskan waktu sendiri untuk mengenal diri saya, entah itu dengan cara pergi ke toko buku lalu membaca, melakukan perjalanan mengelilingi kota atau pergi ke museum-museum terdekat. Bahkan pergi ke taman bermain dan menaiki wahana yang saya inginkan.

Sendiri Membuatku Lebih Mengenal Diri dan Momen untuk Self-Love

Zodiak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ada saat-saat seperti saya tidak bisa menerima diri karena tubuh yang kurus, banyaknya perkataan yang membuat saya merasa jika diri ini belum pantas, disebabkan bentuk tubuh yang tidak proporsional. Tubuh yang terlalu kurus, dan sudah melakukan apapun untuk menambah berat badan. Tetapi, ternyata yang saya lakukan malah merusak tubuh saya sendiri.

Dengan sendiri, saya memiliki banyak waktu untuk berpikir, menerima diri, menyemangati diri saya, dan menyadarkan diri jika saya itu layak dicintai, dan layak berbahagia, mengumpulkan energi positif untuk beraktifitas seperti biasa di keesokan harinya.

Tubuh kita bisa lelah, itulah mengapa waktu sendiri sangat dibutuhkan, ada yang butuh disayangi, dan itu adalah dirimu sendiri.

Karena tidak semua hal yang dikatakan orang lain itu benar, hanya anda yang mengenal diri sendiri. Tapi, apa yang dilontarkan orang lain dan didengar lah yang membuat kita jadi sulit menerima diri sendiri. Satu-satunya cara yang harus kita lakukan hanya menerima diri, apapun warna kulit anda, berjerawat, pori-pori besar, tubuh gemuk atau kurus, kita semua cantik jika jadi diri sendiri.

Tidak apa-apa untuk sendirian, selama tidak kesepian.

karakter
ilustrasi perempuan/Photo by Renato Abati from Pexels

Jangan takut untuk sendirian, karena sendiri adalah waktu yang disediakan khusus untuk mengenal, dan menerima diri. Sediakan moment yang membuat anda senang walaupun hanya sendirian, biasanya sih saya pergi ke bioskop dan menonton genre film yang saya inginkan, ketika saya sendiri, saya lah yang memilihnya, dan saya tidak perlu memikirkan apa yang orang lain inginkan.

Selain ke bioskop, karaoke sendirian juga menyenangkan, saya bisa memilih lagu yang saya suka, bahkan menyanyi hingga suara habis, tanpa harus berpikir apakah saya boleh melakukan ini.

Ketika sendiri, saya lebih lepas dan santai. Karena setelahnya, pasti akan disibukkan dengan pekerjaan, dan kegiatan harian yang menguras tenaga, mood, hingga isi kepala.

Jadi, sendiri? Siapa takut.

Simak Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by