4 Tips Nyaman Berdamai dengan Kesepian saat Bekerja di Rumah

Endah Wijayanti19 Mar 2020, 14:45 WIB
bekerja di rumah

ringkasan

  • Putar Musik dan Lagu Favoritmu
  • Patuhi Jadwal Kerja tapi Tetap Luangkan Waktu untuk Istirahat
  • Mengobrol dengan Rekan-Rekan Lainnya
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bagi yang terbiasa bekerja di rumah, menyelesaikan berbagai pekerjana tanpa harus ke kantor akan terasa menyenangkan. Sebaliknya, bagi yang terbiasa bekerja dengan dikelilingi banyak orang atau berada di kantor, bekerja di rumah bisa terasa sulit. Rasa kesepian kadang membuat kita merasa tidak betah bekerja di rumah.

Berdamai dengan kesepian saat bekerja di rumah sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahkan kita bisa sangat terbantu dengan "waktu luang" yang terasa lebih lengang saat bekerja di rumah untuk membuat berbagai prioritas baru. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk berdamai dengan rasa kesepian saat bekerja di rumah.

1. Putar Musik dan Lagu Favoritmu

Suara musik selalu memeriahkan suasana. Rasa sepi dan lengang bisa diatasi dengan memutar lagu atau musik yang kita suka. Jika sulit membangun mood untuk bekerja, coba putar satu lagu kesukaanmu sambil mempersiapkan barang-barang dan semua keperluanmu untuk bekerja. Ketika sudah merasa nyaman, maka mengawali diri untuk bekerja akan terasa lebih mudah.

2. Patuhi Jadwal Kerja tapi Tetap Luangkan Waktu untuk Istirahat

Daripada terus tenggelam dan merasa merana karena kesepian, coba sibukkan diri. Buat jadwal kerja atau patuhi rutinitas jadwal kerjamu. Ikuti setiap jadwal yang sudah dibuat. Namun, tetap luangkan waktu untuk istirahat. Jadwalkan waktu untuk istirahat dan mengambil jeda membuat pikiran serta tubuh lebih rileks. Ketika rutinitasmu terasa seimbang, maka rasa kesepian akan hilang dengan sendirinya.

3. Mengobrol dengan Rekan-Rekan Lainnya

Work From Home
Ilustrasi Kerja dari Rumah (Foto: DarkWorkX/Pixabay)

Zaman sekarang, tak harus tatap muka untuk mengobrol atau bercengkerama. Manfaatkan aplikasi obrolan atau media sosial untuk mengobrol. Kadang rasa kesepian bekerja di rumah disebabkan oleh kebutuhan untuk tetap berinteraksi. Kita bisa menyiasatinya dengan mengobrol secara virtual. Pakai video call pun biasa. Rapat dengan klien pun bisa dilakukan secara jarak jauh.

4. Nikmati Makanan Enak

Makanan bisa bantu mengondisikan perasaan dan suasana hati kita. Saat ada waktu yang lebih luang, coba masak makananmu sendiri. Kesibukan memasak bisa bantu atasi rasa kesepian. Mencoba resep baru akan membuat rutinitasmu terasa lebih bervariasi. Bekerja di rumah cukup memberi kita kebebasan untuk melakukan lebih banyak hal di rumah dengan cara yang kita suka.

Tetap semangat ya yang saat ini harus bekerja di rumah. Rasa kesepian tidaklah selalu tak menyenangkan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berdamai dengan rasa kesepian ini.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓