8 Jenis Buah yang Cocok untuk Diet Ketogenik

Gayuh Tri Pinjungwati20 Mar 2020, 18:15 WIB
diet keto

Fimela.com, Jakarta Diet ketogenik atau keto adalah karbohidrat yang sangat rendah, rencana makan berlemak tinggi  dengan mengurangi asupan karbohidrat dengan membatasinya kurang dari 20-50 gram per hari. Karena itu, banyak makanan tinggi karbohidrat dianggap terlarang dalam program diet. Ini juga berlaku untuk beberapa jenis biji-bijian, sayuran yang mengandung tinggi karbohidrat, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Namun, ada beberapa buah rendah karbohidrat dan bisa masuk dalam menu diet keto yang lengkap. Berikut ini beberapa jenis buah yang rendah karbohidrat dan tinggi akan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berkat tingginya kandungan lemak sehat, alpukat dapat membantu untuk asupan selama menjalankan diet ketogenik. Buah ini mengandung sekitar 8,5 gram karbohidrat dan hampir 7 gram serat dalam porsi 3,5 ons. Dengan mengonsumsi 100 gram alpukat mengandung sekitar 1,5 gram karbohidrat bersih. Alpukat juga tinggi akan vitamin K, folat, vitamin C dan kalium.

Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang dapat dimasukkan dalam menu program diet ketogenik. Dibandingkan dengan buah-buah lainnya, semangka relatif rendah dalam karbohidrat bersih, dengan sekitar 11,5 gram karbohidrat dan 0,5 gram serat dalam 1 posrsi cangkir. Semangka memiliki berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, potassium dan tembaga. Serta senyawa likopen, senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi kerusakan sel dan melawan penyakit.

Stroberi

Stroberi yang bergizi, lezat dan penuh dengan manfaat kesehatan juga bisa menjadi salah satu pilihan buah untuk diet. Karbohidrat yang rendah dan tinggi serat, sangat pas jika untuk menu program diet ketogenik. Faktanya satu porsi stroberi (1 cangkir) hanya menyediakan 11,7 gram akrbohidrat dan 3 gram serat. Stroberi adalah sumber mikronutrien lain yang sangat baik, termasuk vitamin C, mangan , dan folat. Selain itu juga mengandung serat dengan antioksidan, seperti anthocyanin, ellagic acid dan procyanidins.

Lemon

4 Fakta yang Salah tentang Air Lemon
Ilustrasi air lemon. (dok. Unsplash/Novi Thedora)

Lemon adalah salah satu buah yang popular digunakan untuk campuran makanan atau minuman. Lemon mengandung sekitar 5,5 gram karbohidrat dan 1,5 gram serat makanan di setiap buahnya. Lemon kaya akan pectin, sejenis serat yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, melawan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Lemon juga mengandung nutrisi lain termasuk vitamin C, potassium, dan vitamin B6.

Tomat

Meskipun digunakan sebagai sayuran dalam banyak makanan dan resep, tomat secara botani diklasifikasikan sebagai buah. Dengan jumlah karbohidrat yang jauh lebih rendah daripada buah-buahan lainnya, tomat mudah dimasukkan ke dalam diet ketogenik seimbang. Satu cangkir (180 gram) tomat mentah mengandung sekitar 7 gram karbohidrat dan 2 gram serat. Terlebih lagi, tomat rendah kalori dan tinggi senyawa tanaman bermanfaat, termasuk likopen, beta karoten , dan naringenin. Tomat hanya menyediakan 5 gram karbohidrat bersih per porsi 1 gelas (180 gram). Buah ini juga mengandung antioksidan seperti likopen, beta karoten, dan naringenin.

Rasberry

Selain menjadi salah satu jenis beri yang paling baik, rasberry adalah tambahan yang bagus untuk menu diet rendah karbohidrat. Faktanya, satu cangkir (123 gram) rasberry hanya menyediakan 7 gram karbohidrat bersih, karena ukuran porsi ini memiliki sekitar 15 gram karbohidrat dan 8 gram serat. Setiap porsi juga menawarkan vitamin C, mangan, vitamin K, dan tembaga dalam jumlah yang baik. Terlebih rasberry mengandung antioksidan dan dapat mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Blewah

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan Tubuh
Olahan dengan Buah Blewah / Sumber: iStockphoto

Blewah yang masih satu jenis dengan buah melon berkaitan erat dengan varietas lain dari melon, seperti semangka dan melon. Setiap satu porsi blewah relatif rendah dalam karbohidrat bersih, dengan hanya 12,7 gram karbohidrat dan 1,5 gram serta per cangkir. Selain itu juga mengandung folat, kalium dan vitamin K. Ini juga salah satu sumber beta karoten terbaik, sejenis pigmen tumbuhan yang memainkan peran sentral dalam fungsi kekebalan dan kesehatan mata.

Belimbing

Sering dikenal sebagai carambola, belimbing adalah buah tropis yang memiliki bentuk bintang. Buah ini berasal dari Asia Tenggara. Meskipun belimbing tidak sebanyak jenis buah lainnya, ini adalah pilihan yang popular bagi mereka yang melakukan diet ketogenik karena kandungan karbohidratnya yang rendah. Faktanya, satu porsi  (180 gram)belimbing hanya mengandung 7,3 gram karbohidrat dan 3 gram serat. Belimbing juga dikemas dengan vitamin C, tembaga, kalium, dan asam pantotenat.

Meskipun buah sering dianggap terlarang dalam diet ketogenik, banyak buah rendah karbohidrat dapat dimasukkan ke dalam makanan. Selain rendah karbihohidrat dan tinggi serat, banyak buah-buahan ini menawarkan banyak vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.  Nikmati buah-buahan ini secukupnya bersama berbagai makanan rendah karbohidrat lainnya sebagai, bagian dari diet ketogenik.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓