Stop Hura-Hura, Belajar Menabung Biar Kerja Kerasmu Nggak Sia-Sia

Wuri Anggarini24 Mar 2020, 00:01 WIB
Stop Hura-Hura, Belajar Menabung Biar Kerja Kerasmu Nggak Sia-Sia

Fimela.com, Jakarta Bulan lalu sudah beli tas branded, bulan ini tergoda buat ganti smartphone baru. Tunggu dulu, coba cek saldo rekeningmu. Adakah uang yang tersisa untuk ditabung? Kalau hasrat dan keinginan belanja sudah mengalahkan kebutuhan, waspada bisa mengganggu kondisi keuangan. Belajar menabung itu penting supaya kerja keras yang selama ini dilakukan nggak jadi sia-sia.

Usia Produktif untuk Bekerja Tidak Bertahan Lama, Pertimbangkan Masa Tua

Stop Hura-Hura, Belajar Menabung Biar Kerja Kerasmu Nggak Sia-Sia
(c) Shutterstock

Melirik saldo di rekening yang menunjukkan jumlah cukup banyak, rasanya sudah lapar mata melihat notifikasi info promo dan diskon yang masuk di email. Pikiran tidak masalah menghabiskan uang karena bulan depan masih gajian seringnya jadi pembenaran. Akhirnya, belanja terus hingga saldo rekening nggak bersisa jadi kebiasaan yang dijalankan setiap bulan.

Saatnya stop kebiasaan ini. Coba kembali dipikir, usia produktif untuk bekerja tidak bertahan lama. Kalau menghabiskan masa produktif dengan terus foya-foya, kapan mulai mempersiapkan hari tua? Lebih baik mulai bekerja keras semaksimal mungkin mumpung usia masih muda, kencangkan ikat pinggang dengan mulai mengatur tabungan, demi hari tua yang lebih tenang dan tanpa beban finansial.

Awali Lewat Belajar Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Stop Hura-Hura, Belajar Menabung Biar Kerja Kerasmu Nggak Sia-Sia
(c) Shutterstock

Niat untuk menabung sudah mulai masuk ke dalam skala prioritas nih. Tapi, sebagian orang mungkin masih bingung harus memulainya dari mana. Nah, kamu bisa mengawali langkah mengatur keuangan dengan belajar membedakan keinginan dan kebutuhan.

Misalnya, saat godaan membeli smartphone baru muncul, tanyakan kepada diri sendiri, apakah ponselmu saat ini memang butuh diganti? Jika iya, fitur apa saja yang dibutuhkan? Hal ini sangat penting untuk mengendalikan keinginan membeli smartphone keluaran terbaru dengan harga fantastis, padahal sebenarnya kamu nggak butuh-butuh banget.

Sisihkan Tabungan di Awal Bulan, Bukan Menunggu Sisa Uang di Akhir Bulan

Stop Hura-Hura, Belajar Menabung Biar Kerja Kerasmu Nggak Sia-Sia
(c) Shutterstock

Menabung yang benar adalah segera menyisihkan uang yang akan disimpan di awal bulan, bukan menunggu sisa uang di akhir bulan. Jadi, sebaiknya kamu mulai membuat perencanaan keuangan baru setiap bulannya dengan memasukkan berapa persen uang yang akan ditabung. Setelah itu, setiap kali gaji masuk ke dalam rekening tabungan, segera sisihkan sejumlah tertentu yang sudah kamu tentukan sebagai tabungan setiap bulannya. Hal ini bisa membantu kamu belajar lebih disiplin dan bertanggung jawab dengan tabungan yang dimiliki.

Buka Rekening Baru untuk Mengamankan Tabungan

Demi kebiasaan menabung yang lebih rutin dan lancar, saatnya amankan tabungan dengan membuka rekening baru. Jadi, tabungan terpisah dari rekening yang biasa digunakan transaksi sehari-hari. Ini penting untuk memudahkan kamu mengendalikan keluarnya uang sekaligus meminimalisir terpakainya uang tabungan untuk hal yang nggak perlu.

Tapi, jangan lupa ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuka tabungan baru. Misalnya pilih tabungan yang nggak hanya memberikan manfaat menyimpan uang, tapi juga memberikan banyak keuntungan dan kasih banyak hadiah. Seperti yang ditawarkan oleh Promo Tabungan BRI BritAMA. Penasaran seperti apa programnya?

Stop Hura-Hura, Belajar Menabung Biar Kerja Kerasmu Nggak Sia-Sia
(c) Shutterstock

Buka Tabungan BRI BritAma dan rajin-rajinlah buat terus meningkatkan saldonya. Nantinya kamu bisa mendapatkan kesempatan pilih hadiahmu. Program ini berlaku untuk nasabah perorangan, baik itu nasabah lama atau pun nasabah yang baru membuka rekeningnya.

Ada banyak kejutan hadiah yang bisa kamu pilih berdasarkan tingkat ratas saldo tabungan, mulai dari emas, Samsung Galaxy Note 10+, iPhone 11 Pro Max, Honda Scoopy Sporty, Travel Voucher Panorama, Toyota Calya, hingga Mercedes Benz C Class C 200. Wah, kerja keras dan niat menabung kamu dijamin nggak bakal sia-sia kalau ikutan program Tabungan BRI BritAma yang satu ini, karena #YangPentingBuatKita adalah nabung yang bisa bikin untung! Info lebih lengkap klik di sini.

Lanjutkan Membaca ↓