Etiket Menanggapi Informasi Virus Corona yang Beredar di Grup WhatsApp Keluarga

Vinsensia Dianawanti23 Mar 2020, 13:30 WIB
[Fimela] ilustrasi whatsapp

Fimela.com, Jakarta Banyaknya informasi yang menyebar tentang virus Corona membuat rasa khawatir meningkat. Jika sudah dalam kondisi krisis seperti ini, grup WhatsApp keluarga justru banyak tersebar informasi yang belum tentu valid.

Kita sebagai generasi yang lebih melek media, tentu cukup cemas dengan informasi tentang virus Corona yang tersebar di grup whatsapp keluarga namun tidak dapat dijamin kredibilitasnya. Salah-salah, informasi yang tersebar akan membuat keluarga semakin panik hingga bisa menyebabkan ketidakseimbangan psikologis.

Kamu bisa menanggapi informasi tersebut dengan etika yang tepat, berdasarkan sejumlah sumber. Penasaran bagaimana caranya?

1. Cek sumber

Sebagai orang yang lebih melek dengan dunia digital, kamu bisa mengecek kembali sumber informasi yang diberikan. Jika sumbernya bukan merupakan dari media nasional maupun penelitian, bisa jadi informasi tersebut hoax. Kominfo pun memiliki fitur Hoax Buster di laman resminya untuk mengungkap informasi mana yang hoax dan mana yang fakta.

2. Perhatikan waktu

Untuk mengurangi paparan informasi virus Corona yang berlebihan di grup WhatsApp keluarga, kamu bisa mengatur kapan sebaiknya kamu membuka grup tersebut. Pilih waktu tertentu untuk membaca semua informasi yang ada, kemudian tutup lagi grup tersebut.

 

3. Aktifkan fitur mute

[Fimela] WhatsApp
Ilustrasi Media Sosial dan Aplikasi Chat | unsplash.com/@christianw

Di WhatsApp, kamu bisa mengaktifkan fitur Mute sebagai mode silent pada grup maupun chat personal. Fitur ini akan membuatmu tidak mengetahui bahwa grup Whatsapp keluarga sedang ramai. Sehingga tidak mengganggu aktivitasmu dan tidak membuatmu tergoda untuk membukanya setiap kali ada notifikasi.

4. Selingi dengan informasi positif

Meskipun sedang menghadapi krisis akibat virus corona, masih banyak informasi positif yang bisa kita bagikan. Seperti anjuran cuci tangan dari WHO atau kejadian unik dan menarik terkait virus Corona. Kini, banyak pembuat konten di Instagram maupun Youtube yang menjadikan virus Corona sebagai materi konten yang positif dan mudah untuk disimak.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓