Bukti Studi, Kopi Memang Membuat Otak Fokus Tapi Tidak Membuatmu Kreatif

Febi Anindya Kirana23 Mar 2020, 15:45 WIB
minum kopi

Fimela.com, Jakarta Banyak orang minum kopi di pagi hari untuk meningkatkan konsentrasi bekerja dan untuk membuatnya tetap melek selama mengerjakan sesuatu.

Karena kandungan kafeinnya, kopi menjadi minuman terbaik jika ingin meningkatkan fokus mengerjakan sesuatu, bahkan banyak penelitian sudah membuktikan manfaat minum kopi dalam hal ini. Namun sayangnya, kopi tak akan banyak membantu jika kamu ingin meningkatkan kreativitas.

Sebuah penelitian baru-baru ini yang diterbikan dalam jurnal Consciousness and Cognition menemukan bahwa minum kopi memang akan membantu meningkatkan konsentrasi, tapi tak akan memberi efek apa pun dalam meningkatkan kreativitas berpikir.

Minum kopi tidak meningkatkan kreativitas

kopi cappucino
ilustrasi kopi cappucino/copyright by Pixabay

Penelitian yang melibatkan 80 partisipan yang diminta minum pil dengan kandungan 200 miligram kafein (setara dengan satu cangkir kopi hitam yang kuat), hasilnya kafein mampu memengaruhi pemikiran konvergen tetapi tidak pemikiran divergen.

Dalam artian, kopi akan meningkatkan kemampuan berpikir yang berhubungan dengan menganalisis ide dan kemampuan menyelesaikan masalah, namun tidak meningkatkan kemampuan menghasilkan ide baru yang erat kaitannya dengan kreativitas.

Jadi, jika Sahabat Fimela berpikir kopi bisa meningkatkan kreativitas berpikir selama bekerja, salah besar. Kopi hanya akan meningkatkan konsentrasimu saat bekerja.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓