Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona pada Ibu Hamil Menurut WHO

Vinsensia Dianawanti24 Mar 2020, 07:30 WIB
Ibu hamil olahraga

Fimela.com, Jakarta Selain lansia dan anak-anak, ibu hamil juga rentan terhadap penularan virus corona. Imunitas yang tidak stabil membuat ibu hamil khawatir dirinya terinfeksi virus corona.

Untuk mencegah hal tersebut, WHO memberikan rekomendasi cara pencegahan virus corona pada hamil. Ada beberapa langkah yang bisa ibu hamil lakukan agar dirinya dan bayi yang dikandungnya bisa terhindar dari virus corona. Bagaimana caranya?

1. Mencuci tangan secara rutin

Anjuran ini memang sudah digaungkan WHO untuk mencegah penyebaran virus corona. Bukan hanya untuk orang dewasa, ibu hamil pun juga bisa mencegah penularan virus corona dengan melakukan cuci tangan secara rutin.

2. Jaga jarak dengan orang lain

Karena lebih rentan terhadap penularan, disarankan bagi ibu hamil untuk menjaga jarak dengan orang lain. Jaga-jaga untuk terhindar dari penularan virus yang dibawa oleh orang lain.

 

3. Hindari menyentuh hidung, mata, dan mulut

nutrisi ibu hamil
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ketiga bagian pada wajah ini menjadi pintu masuk virus yang cukup rentan. Agar terhindar dari penularan virus, disarankan untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut.

4. Gunakan etika batuk atau bersin

Jika ibu hamil hendak batuk atau bersin, gunakan etika batuk atau bersin yang dianjurkan. Yakni dengan menggunakan lengan atau tisu.

5. Jika terasa demam, kunjungi dokter

Jika ibu hamil mulai merasa demam, batuk, hingga kesulitan bernapas, lebih baik langsung hubungi dokter dan mengikuti semua saran yang dianjurkan.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓