Beberapa Manfaat Infuse Water untuk Kesehatan Tubuh

Gayuh Tri Pinjungwati26 Mar 2020, 20:14 WIB
infuse water

Fimela.com, Jakarta Infuse water salah satu minuman yang mungkin bisa menjadi alternatif selain mengonsumsi jus. Cara untuk membuat infuse water terbilang mudah, dengan menambahkan buah-buahan seperti lemon dan jeruk pada air putih. Dibalik cara membuatnya yang mudah, infuse water juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan saat mengonsumsi infuse water.

Mengonsumsi Banyak Air

Cara sederhana untuk membuat orang minum lebih banyak air adalah dengan menambahkan rasa. Salah satu studi yang diterbitkan dalam Journal Physiology and Behavior menemukan bahwa orang enggan mengonsumsi lebih banyak air ketika rasa ditambahkan. Mencampurkan buah ke dalam air menambah banyak bantuan. Jika dirimu salah satu dari banyak orang yang merasa air tawar terasa membosankan, mungkin dengan membuat infuse water bisa membuatmu mengonsumsi air lebih banyak.

Menghidrasi Tubuh

Tubuh seseorang membutuhkan air agar tetap terhidrasi. Namun, cukup minum lebih banyak air belum tentu melembabkan tubuh dengan lebih baik. Untuk menyerap air, tubuh membutuhkan mineral yang dikenal sebagai elektrolit. Pada dasarnya, elektrolit membawa muatan yang memberi tahu molekul air kemana ia harus menyebar dan menjaga keseimbangan sel. Elektrolit utama seperti kalsium, kalium, magnesium., dan sodium. Salah satu manfaat air buah yang diinfuskan adalah elektrolit buah masuk ke dalam air. Ini terutama berlaku infuse buah jeruk karena kaya akan elektrolit. Mentimun juga merupakan sumber elektrolit yang baik. Tidak heran lemon dan mentimun adalah salah satu resep infuse water buah yang paling popular.

Infuse Water Mendukung Metabolisme

Inilah manfaat infuse water yang paling banyak dibicarakan. Air minum mempercepat metabolisme, telah ditemukan bahwa dehidrasi ringan sekali pun dapat memperlambat metabolism hingga 3%. Jika ingin membakar kalori secara efisien, maka usahakan tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air yang banyak. Mengonsumsi air dingin dapat meningkatkan theremogenesi. Thermogenesis adalah proses di mana kita menghasilkan panas tubuh. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa minum air dingin meningkatkan laju metabolisme. Salah satu peneliti menyimpulkan bahwa minum 2 liter air per hari akan meningkatkan pembakaran kalori sebanyak 95 kalor.

Sebagai Alternatif Jus

Watermelon Detox Water, Minuman Segar Kaya Manfaat
Bagi yang gemar membuat infuse water sendiri di rumah, Anda bisa mencoba minuman segar yang satu ini. (Foto: iStockphoto)

Jus merupakan minuman yang terbuat dari buah yang diblender. Jus mengandung banyak gula di dalamnya, yang dapat mengganggu kesehatan tubuh seperti meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko diabetes dan menyebabkan tubuh menyimpan lemak. Bagi seseorang yang mencoba untuk menurunkan berat badanm jus juga memiliki kelemahan karena penuh dengan kalori. Namu, itu berarti, dilarang untuk mengonsumsi jus. Beberapa manfaat jus terutama yang baru dibuat dan mengandung sayuran. Ini hanya berarti bahwa tidak harus bergantung pada jus untuk hodrasi. Infuse water memiliki manfaat sebagai alternatif jus. Karena infuse water sering kali mengandung banyak vitamin C, bahkan bisa mendapatkan banyak nutrisi yang ditemukan dalam jus tetapi tanpa lonjakan gula seperti pada jus.

Infuse Water dapat Meningkatkan Asam Perut

Tanpa asam lambung cukup, tubuh tidak dapat memecah makanan dengan baik. Hal ini menghasilkan peradangan yang mendorong asam lambung naik ke kerongkongan (yang seharusnya tidak terjadi). Cara sederhana untuk meningkatkan pencernaan adalah dengan menambahkan jus lemon ke dalam makanan. Atau dapat juga memasukkannya ke dalam infuse water.

Mencegah Batu Ginjal

Jika seseorang sedang bertarung melawan penyakit batu ginjal, maka dapat mengonsumsi infuse water lemon. Manfaat dari infuse water buah ini adalah asam dalam lemon membantu mencegah kalsium berubah menjadi kristal. Begitu juga, hanya minum lebih banyak air juga membantu mencegah batu ginjal. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa elektrolit dalam air buah yang diinfuskan juga dapat membantu mengurangi batu ginjal.  Manfaat lain dari infuse water adalah sebagai berikut.

  • Kulit lebih sehat
  • Meningkatkan energi
  • Detoksifikasi tubuh
  • Membuat suasana hati membai
  • Mendukung fungsi ginjal.

Itu tadi bebrapa manfaat dari infuse water yang mungkin bisa dibuat sendiri di rumah. Hal ini dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan memastikan cukup air sepanjang hari.

 

 

#Changemakaer

Lanjutkan Membaca ↓