7 Cara Menghindari Infeksi Virus Corona Buat Kamu yang Tidak Bisa WFH

Karla Farhana29 Mar 2020, 14:00 WIB
[Fimela] bekerja di kantor

ringkasan

  • Di Indonesia Work from Home atau WFH seakan menjadi privilage bagi masyarakat yang memiliki pilihan untuk bekerja dari rumah, atau ke kantor seperti biasa.
  • Pasalnya, ada begitu banyak masyarakat di Indonesia yang memang tidak memiliki pilihan. Mereka tetap harus bepergian ke kantor menggunakan kendaraan umum dimana ada risiko besar saling bersentuhan dengan orang lain dan terpap
  • Selain tidak menyentuh wajah, ada beberapa tips dari dr. Erni Juwita Nelwan, MD, FACP, FINASIM untuk kamu yang tidak bisa WFH.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Di Indonesia Work from Home atau WFH seakan menjadi privilage bagi masyarakat yang memiliki pilihan untuk bekerja dari rumah, atau ke kantor seperti biasa. Pasalnya, ada begitu banyak masyarakat di Indonesia yang memang tidak memiliki pilihan. Mereka tetap harus bepergian ke kantor menggunakan kendaraan umum dimana ada risiko besar saling bersentuhan dengan orang lain dan terpapar virus Corona. 

Bukan hanya para pekerja medis yang berada di garda depan memerangi virus yang belakangan dinamai COVID-19. Tetapi juga para relawan yang siap sedia membantu para pejuang medis mendapatkan APD yang layak. Juga para pekerja dan pencari nafkah harian yang mau tidak mau tetap harus bekerja seperti biasa. 

Seperti petugas kebersihan, keamanan, pekerja kantoran yang tidak dirumahkan, atau ibu rumah tangga yang harus bolak-balik membeli bahan makanan hanya untuk menjaga dapur tetap ngebul setiap hari. 

Meski harus berjuang di luar rumah, Sahabat Fimela perlu mengingat beberapa hal agar menjaga diri sendiri terhindar dari paparan virus Corona. Selain tidak menyentuh wajah, ada beberapa tips dari dr. Erni Juwita Nelwan, MD, FACP, FINASIM untuk kamu yang tidak bisa WFH. 

1. Shift kerja

[Fimela] bekerja di kantor
bekerja di kantor | pexels.com/@hillaryfox

Erni menjelaskan, COVID-19 merupakan penyakit infeksi dengan virus yang begitu agresif. Sehingga, penting sekali bagimu untuk berada di rumah saja. 

"COVID-19 adalah penyakit infeksi yang virusnya begitu agresif. Sehingga penting sekali untuk masyarakat berada di rumah saja," kata Erni di acara sharing session Fimelahood from Home in Collaboration with the Conversation Indonesia, pada Kamis (26/3/20). 

Jika tidak bisa, Erni memberi saran untuk membagi shift kerja. Jadi, kamu tidak perlu ke kantor setiap hari. Hal ini menurut Erni juga dilakukan para pekerja medis di rumah sakit dan klinik untuk menurunkan tingkat risiko dari paparan virus tersebut. 

2. Hindari kerumunan

Cobalah untuk menghindari kerumunan seperti halte bus, terminal, atau bahkan di dalam kendaraan umum. Jika memang kendaraan umum yang kamu naiki kerap kali penuh di pagi hari, atur jam berangkat dan pulang kantor agar tidak saling berdesakan dengan penumpang lainnya. 

3. Jangan sentuh apa pun 

Saat kamu berada di kawasan umum, cobalah untuk tidak menyentuh apa pun, baik pegangan pintu, jendela, kaca, kursi, bahkan pegangan di dalam kendaraan umum. Jika terpaksa memegang sebuah benda di tempat umum, segeralah mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun biasa. 

4. Cuci tangan

Cucilah tanganmu menggunakan sabun dan air mengalir dengan sering. Terutama setelah memegang benda di tempat umum, uang kertas dan logam, bersalaman, sebelum dan setelah makan. 

5. Gunakan masker

[Fimela] masker mulut
masker mulut| pexels.com/@gustavo-fring

Jika kamu khawatir akan adanya droplets dari orang lain yang bersin dan batuk, kamu bisa memproteksi diri dengan mengenakan masker medis saat berada di tengah kerumunan. 

6. Langsung mandi saat sampai di rumah 

Erni juga menyarankan untuk tidak menyentuh anggota keluarga dan barang-barang yang ada di rumah pada saat kamu sampai di rumah dari luar, baik tempat kerja, kantor, atau juga toko dan mal. Segeralah mandi menggunakan sampo, sabun, dan air mengalir dan mengganti pakaian sebelum beraktivitas kembali di rumah. 

7. Jangan mengenakan pakaian berulang

Jika sebelumnya kamu kerap menggunakan pakaian berulang, cobalah untuk selalu mengganti pakaian dengan pakaian bersih setiap hari. Cuci baju yang sudah kamu pakai meski hanya sebentar. 

Itulah 7 tips dari dr. Erni untuk kamu yang tidak bisa WFh demi memproteksi diri dari paparan virus Corona. Jangan lupa untuk menjalani 7 tips ini, ya Sahabat Fimela!

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓