9 Tips Jalani WFH yang Tepat dan Sehat untuk Batin dan Jasmani

Vinsensia Dianawanti06 Apr 2020, 15:30 WIB
[Fimela] WFH

Fimela.com, Jakarta Pemerintah masih menghimbau kebijakan WFH bagi sejumlah perusahaan di Jakarta dan beberapa daerah di sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk menekan angka penularan virus corona COVID-19.

Melakukan WFH tentu sangat berbeda dengan bekerja di kantor. Jika biasanya kamu berinteraksi dengan rekan di kantor, kini interaksi harus dilakukan secara online. Melakukan WFH bisa berpotensi menurunkan produktivitas dan rentan sakit karena berkurangnya aktivitas fisik secara signifikan.

Melansir dari Boldsky pada Kamis (2/4/2020), aktivitas WFH bisa kamu lakukan dengan cara yang sehat dan menyenangkan bagi batin dan jasmani. Sehingga produktivitasmu tetap terjaga. Bagaimana caranya?

1. Bangun lebih awal

Kebiasaan bangun lebih awal bisa membuat energimu tetap terjaga. Ketika WFH, mungkin kamu lebih cenderung bangun siang dan bermalas-malasan karena meja kerja yang letaknya sangat berdekatan dengan kasur. Namun dengan bangun pagi, kamu akan mendapat energi yang sama ketika berangkat ke kantor. Dimulai dengan menggosok gigi hingga sarapan untuk menambah motivasi WFH.

2. Membuat jadwal

Meski WFH, sangat penting untuk menetapkan jadwal layaknya di kantor. Sehingga kamu bisa mengorganisir pekerjaan yang memang harus diselesaikan. Selain itu, dengan jadwal yang terorganisir, kamu tidak akan melupakan mandi dan makan siang.

3. Menentukan target mingguan

Menuliskan target mingguan akan mendorong motivasi untk bekerja. Sekaligus, membuatmu menyusun strategi apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

 

4. Membuat ruang kerja yang nyaman

wfh
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Nutlegal Photographer

Penelitian menyebut bahwa tetap di kasur dan bekerja bukanlah hal yang baik. Jangan gunakan tempat yang biasa kamu gunakan untuk bersantai. Seperti sofa atau bean bag. Lebih baik, ciptakan ruang kerja yang nyaman dengan meja dan kursi untuk mendukung kinerja pekerjaanmu. Studi pun menyebut menjaga kebersihan area kerja juga bisa memotivasimu dalam WFH.

5. Istirahat

Sangat penting untuk tetap istirahat di sela-sel WFH. Istirahatlah sekitar 15 menit dengan berjalan-jalan keliling rumah atau sekadar bermain dengan hewan peliharaan. Istirahatkan juga pandangan mata dari layar untuk mencegah sakit kepala berlebihan. Studi menyebut bahwa mengambil istirahat di sela-sela pekerjaan justru meningkatkan produktivitas seseorang.

6. Makan siang yang sehat

Sangat penting juga untuk mempersiapkan makan siang yang sehat. Secara natural, kamu cenderung akan beralih ke junk food atau camilan yang tidak sehat. Sementara, dengan tetap mengonsumsi makanan sehat akan memberikan nutrisi dan energi yang dibutuhkan untuk sembilan jam kerja. Pastikan juga kamu tetap terhidrasi.

 

7. Olahraga kecil

wfh
Ilustrasi/copyrightshuttestock/Vasin Lee

Jangan lewatkan olahraga kecil di sela-sela WFH. Seperti meregangkan pergelangan tangan dan kaki atau berjalan sedikit untuk meregangkan otot secara keseluruhan.

8. Komunikasi dengan rekan kerja

Meski WFH, tetap penting untuk menjaga hubungan sosial dengan orang. Hal ini bisa tetap membuatmu memiliki kesehatan mental yang baik. Jika tidak bisa bertemu secara langsung, kamu bisa manfaatkan teknologi komunikasi dan menghubungi mereka.

9. Seimbangkan pekerjaan dan kehidupan personal

Jangan lupakan peranmu di rumah ketika WFH. Tetap lakukan komunikasi yang semestinya di rumah atau lakukan peranmu sebagai ibu, ayah, ataupun anak.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓