Beberapa Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Mengalami Flu

Gayuh Tri Pinjungwati30 Mar 2020, 16:15 WIB
flu

Fimela.com, Jakarta Mengalamai sakit, bahkan ketika dirimu di rumah dan berbaring di tempat tidur mungkin akan merasa tidak menyenangkan. Rasa sakit pada tubuh, demam, kedinginan, dan hidung tersumbat bisa cukup untuk membuat siapa pun sengsara. Ada banyak obata rumahan yang dapat meringankan gejala dan membuatmu kembali pulih. Jika dirimu masih merasa sakit setelah beberapa minggu, pergilah ke dokter untuk memeriksakan diri. Jika mengalami kesulitan bernapas, detak jantung berdetak cepat, merasa ingin pingsan, atau mengalami gejala parah lainnya,, dapatkan bantuan medis lebih cepat. Atau mungkin bisa mencoba beberapa makanan berikut untuk mengurangi rasa flu.

Sup Ayam

Sup ayam mungkin bukan obat penyembuh flu, tapi itu adalah pilihan yang cocok ketika dirimu sedang sakit. Penelitian menunjukkan bahwa menikmati semangkuk sup ayam dengan sayuran dapat memperlambat pergerakan neutrofil dalam tubuhmu. Neutrofil adalah sejenis sel darah putih yang umum. Mereka dapat melindungi tubuhmu dari infeksi. Ketika mereka bergerak perlahan, zat tersebut tetap lebih terkonsentrasi di area tubhmu yang paling membutuhkan penyembuhan. Studi ini menemukan bahwa sup ayam efektif untuk mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas khususnya. Sup rendah sodium juga membawa nilai gizi yang bagus dan membantu menjaga dirimu tetap terhidrasi. Ini pilihan yang baik, tidak peduli bagaimana perasaanmu.

Jahe

Manfaat kesehatan dari jahe telah teruji selama berabad-abad. Beberapa irisan jahe mentah dalam air mendidih dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa itu juga dapat menangkal perasaan mual yang begitu sering meyertai influenza.

Echinacea

Penduduk asli Amerika telah menggunakan ramuan dan akar tanaman Echinacea untuk mengobati infeksi selama lebih dari 400 tahun. Tapi satu ulasan menyarankan bahwa mengonsumsi Echinacea dapat menurunkan risiko terkena flu biasa lebih dari 50%. Ini juga dapat mengurangi pilek yang sudah dialami seseorang.

Madu

Madu
Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)

Memiliki berbagai sifat antibakteri dan antimikroba. Minuman madu dalam teh dengan lemon bisa meredakan sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa madu juga merupakan penekan batuk yang efektif. Dalam satu studi, para peneliti menemukan bahwa memberi anak 10 gram madu waktu tidur akan mengurangi keparahan gejala batuk mereka. Namun, orang tua tidak dapat memberikan madu kepada anak di bawah 1 tahun karena sering mengandung spora botulinum. Sementara mereka biasanya tidak berbahaya bagi anak-anak yang lebih tua atau orang dewasa. Sistem kekebalan bayi tidak mampu melawannya.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang mungkin memiliki sifat antimikroba. Menambahkan suplemen bawang putih ke makanan dapat mengurangi gejala pilek. Menurut beberapa penelitian, itu mungkin bahkan membantumu menghindari sakit sejak awal. Peneliti lebih lanjut perlu dilakukan tentang manfaat bawang putih yang dapat melawan meriang. Sementara itu, menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam diet mungkin tidak akan merugikan.

Vitamin C

Vitami C, berperan penting dalam tubuhmu dan memiliki banyak amnfaat kesehatan. Bersama dengan jeruk nipism jeruk bali, sayuran hijau, dan buah-buahan adalah sumber vitamin C yang baik. Menambah jus lemon segar ke dalam the panas dengan madu juga dapat emngurangi dahak saat dirimu sakit. Walaupun minuman-minuman ini mungkin tidak sepenuhnya menghilangkan flu, mereka dapat membantu mendapatkan vitamin C yang dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh. Cukup vitamin C dapat meringankan infeksi saluran pernapasan atas dan penyakit lainnya.

Prebiotik

Prebiotik adalah bakteri dan ragi yang baik, yang ditemukan dalam tubuh. Beberapa makanan dan suplemen mengandung prebiotik yang baik untuk tubuh. Makanan ini dapat menjaga usus dan sistem kekebalan tubuhmu sehat dan penelitian menunjukkan bahwa prebiotik dapat mengurangi kemungkinan seseorang sakit dengan infeksi saluran pernapasan atas. Untuk sumber bakteri yang bermanfaat dan bergizi, masukkan yogurt prebiotik dalam menu makanmu. Selain manfaat potensial untuk sistem kekebalan tubuh, yogurt adalah camilan sehat yang menyediakan banyak protein dan kalsium.

Ada banyak cara untuk mengobati gejala pilek dan flu dengan pengobatan di rumah. Beberapa solusi tersebut mungkin sedikit aneh, namun beberapa orang mengalami peruabahan saat mencobanya.  Jika ingin menghindari sakit maka secara priaktif dirimu harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓