Cara Menyimpan Buah Stroberi Supaya Tahan Lama

Gayuh Tri Pinjungwati01 Apr 2020, 09:15 WIB
Buah stroberi

Fimela.com, Jakarta Stroberi adalah salah satu buah yang memiliki kadungan vitamin yang baik untuk tubuh. Terlebih vitamin C pada buah ini sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Tidak sama seperti beberapa buah lainnya, stroberi tidak matang setelah panen, karena mereka tidak seponsif terhadap etilen. Pilih stroberi yang sudah matang. Mereka harus berwarna merah cerah dan sangat harum. Namun jika dirimu ingin menikmati stroberi beberapa hari kedepan, bisa untuk menyimpannya dengan cara berikut, supaya stroberi bertahan lama.

Penyimpanan

Suhu dingin dan tingginya insiden karbon dioksida membantu mencegah timbulnya jamur dalam kelembaban yang tinggi membuat buah tidak layu. Simpan stroberi utuh dalam wadah tertutup di bagian kulkas yang sedekat mungkin dengan pembekuan 0 derajat celcius. Stroberi akan mengeluarkan CO2 dan uap air, menciptakan lingkungan penyimpanan yang baik. Buah ini bisa disimpan hingga 10 hari lamanya.

Pembekuan

Pembekuan adalah metode yang efektif untuk mengawetkan stroberi. Namun, perlu diingat bahwa kristal es akan terbentuk dalam daging stroberi dan ketika mereka mencair, buah beri akan menjadi lunak dan mengeluarkan cairan. Stroberi beku yang dicairkan sangat baik untuk smoothie, es krim, makanan penutup yang dipanggang dan bahkan diawetkan. Pindahkan buah beku ke freezer atau wadah aman untuk freezer. Berikan label dan tanggal pada wadah. Buah beku dapat bertahan hingga 6 bulan lamanya.

Pengawetan

Stroberi
ilustrasi/copyright pixabay/congerdesign

Pengawetan stroberi adalah yang paling popular dan cara yang sangat baik untuk mengunci rasanya. Selai stroberi sederhana dapat dibuat dengan 3 bahan yaitu buah stroberi, gula dan jus lemon. Ingatlah bahwa stroberi alami secara alami tidak mengandung pectin tinggi, jadi selain ini memiliki set yang lebih baik. Ada banyak variasi dalam hal ini, dengan menambahkan pectin, rendah gula dan rasa tambahan.

Mengeringkan

Stroberi kering adalah tambahan yang lezat untuk sereal, yogurt, makanan yang dipanggang dan banyak lagi. Oven adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk membuat stroberi kering. Caranya cukup mudah hanya dengan memotong stroberi menjadi beberapa bagian dan memasukkannya ke dalam oven dengan suhu tertentu, maka buah stroberi kering bisa dapat disimpan tahan lama.

Pengawetan Lain

Mengemas stroberi dalam air cuka juga dapat mempertahankan rasa dan membuat daging buah lebih kencang. Membuat acar dari stroberi dapat dilakukan dan dinikmati untuk salad atau sebagai pelengkap makanan lain seperti kue keju.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mengawetkan buah stroberi supaya bertahan lebih lama.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓