Tips agar Dalgona Coffee Mengembang Fluffy dan Tidak Mudah Kempes

Febi Anindya Kirana01 Apr 2020, 13:15 WIB
Diperbarui 01 Apr 2020, 13:15 WIB
tips membuat dalgona coffee

Fimela.com, Jakarta Meski tampak mudah, namun bukan berarti orang yang ingin membuatnya tidak menemukan kesulitan, salah satu kesulitan yang mungkin sering dialami ketika membuat dalgona cofee adalah krimnya yang tidak mengembang, ternyata ini yang perlu diperhatikan saat membuatnya.

1. Jangan menghilangkan gula

Untuk mereka yang tak suka terlalu manis atau sedang menghindari gula mungkin berpikir bisa menyingkirkan gula dalam resep dalgona coffee. Sayangnya, gula di sini memegang peran penting mengembangkan krim dan membuatnya tidak mudah kempes saat dituang di atas susu.

Versi dalgona coffee menggunakan gula bisa bertahan mengembang selama beberapa jam, sedangkan versi tanpa gula hanya bisa bertahan mengembang selama dua menit, kemudian mencair lagi.

2. Gunakan air panas

dalgona coffee
copyright by phommontri(Shutterstock)

Apakah tak bisa menggunakan air dingin untuk dalgona coffee? Tentu bisa, namun akan makan waktu sangat lama sehingga dalgona bisa mengembang. Air panas dalam resep berguna menaikkan suhu bahan-bahan sehingga lebih mudah mengembang.

3. Sebisa mungkin gunakan pengocok telur atau mixer

Jangan mengocok menggunakan sendok karena pasti akan makan waktu sangat lama, bisa sampai 30 menit. Untuk hasil lebih cepat, gunakan whisk jika manual, dan mixer untuk praktisnya.

4. Teknik minuman dingin dan panas

dalgona milo
ilustrasi dalgona/copyright by Amallia Eka (Shutterstock)

Ada yang menyajikan dalgona coffee dengan susu dingin meskipun umumnya digunakan untuk susu panas atau hangat. Jika ingin menuangkannya ke dalam susu dingin, letakkan dulu es batu, tuang susu hingga batas atas es batu, kemudian tuang dalgona coffee. Krim dalgona akan mudah kempes jika menggunakan minuman dingin, namun lebih tahan lama jika menggunakan minuman hangat. Teknik ini juga tidak diperlukan jika menggunakan minuman hangat.

5. Jenis kopi instan yang dipakai

Apa pun yang disukai, selama itu bukan kopi bubuk hitam. Kopi instan sachet umumnya mengandung krim bubuk sehingga akan berbusa jika dituang air panas, kandungan inilah yang memungkinkan membuat dalgona coffee.

Itu dia sekian tips atau cara agar dalgona coffee berhasil mengembang fluffy lembut dan tida mudah kempes ketika dituang di dalam gelas. Siap mencobanya sendiri di rumah?

#ChangeMaker with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓