Lakukan 5 Hal Ini Agar Pikiran Tetap Tenang Selama Masa Social Distancing

Vinsensia Dianawanti03 Apr 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 03 Apr 2020, 12:00 WIB
tenang

Fimela.com, Jakarta Kebijakan pemerintah untuk melakukan social distancing membuat tidak semua orang merasa nyaman. Selama masa ini, masyarakat diminta untuk tidak keluar rumah untuk menghindari penyebaran virus corona.

Melakukan social distancing selama satu minggu, mungkin masih bisa dijalani. Namun bagaimana jika hal ini berlangsung selama berminggu-minggu? Ada sebagian orang yang justru merasa panik dan sulit berdamai secara pikiran selama social distancing.

Melansir dari Boldsky pada Jumat (3/4/2020) kamu bisa tetap menjaga pikiran agar tetap tenang dan nyaman dengan melakukan lima hal berikut ini.

1. Ambil napas

Ini menjadi salah satu cara yang terbaik dan efektif untuk membuat dirimu merasa tenang. Ketika kamu merasa pikiran sudah mentok, pastikan kamu tetap bernapas dengan baik agar tubuhmu tetap mendapat oksigen yang cukup. Tutup matamu dan biarkan tubuh merasa rileks.

2. Berpikir positif

Percaya atau tidak, ketika pikiran dipenuhi oleh pemikiran negatif justru akan membuatmu semakin tidak mampu berdamai dengan situasi social distancing seperti saat ini. Justru kamu akan merasa lelah dengan pikiran yang penuh hal negatif dan ketakutan yang tidak perlu. Cobalah untuk berpikir positif ketika kamu merasa dikelilingi oleh situasi sulit.

 

3. Menganalisa situasi

warna kamar
ilustrasi perempuan santai/copyright By Maridav (Shutterstock)

Ketika panik, seseorang akan cenderung bertindak spontan yang sebenarnya tidak diperlukan. Seperti misalnya ketika pemerintah memberlakukan social distancing, banyak orang langsung melakukan panic buying. Lebih baik, kamu analisa dulu situasi yang sebenarnya terjadi agar tidak salah dalam mengambil keputusan yang justru membuat dirimu semakin stres.

4. Minta bantuan orang lain

Tidak ada salahnya jika kamu mencari bantuan orang lain ketika dirimu merasa mulai cemas. Selama social distancing ini, kamu bisa komunikasikan apa yang kamu rasakan dengan kerabat terdekat. Biasanya, dengan mengeluarkan apa yang kamu rasakan akan membuatmu merasa lebih baik.

5. Istirahat sejenak

Tak jarang WFH justru membuatmu seakan bekerja selama 24 jam. Di sela-sela pekerjaan kamu tetap butuh istirahat. Selama waktu istirahat, kamu bisa merenggangkan tubuh atau meditasi singkat. Ini akan mengembalikan keseimbangan pikiranmu.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓