Berkreasi dengan Anak untuk Mengisi Waktu di Tengah Pandemi

Endah Wijayanti07 Apr 2020, 16:15 WIB
ibu rumah tangga bekerja

Fimela.com, Jakarta Mengubah rutinitas di tengah panedemi virus corona ini memang tidak mudah. Mengatasi rasa cemas dan was-was pun membuat kita tak nyaman. Kita semua pun berharap semua keadaan akan segera membaik. Melalui Lomba Share Your Stories: Berbagi Cerita tentang Pandemi Virus Corona ini Sahabat Fimela berbagai cerita dan harapannya di situasi ini. Langsung ikuti tulisannya di sini, ya.

***

Oleh: Anggi Putri

Halo Sahabat Fimela,

Aku Anggi, seorang ibu rumah tangga yang memiliki dua putri. Alea, putri pertamaku yang berusia 3 tahun dan Jihan putri keduaku yang baru saja berusia 8 bulan. Aku dan suami tidak memiliki asisten rumah tangga atas keputusan bersama.

Keseharianku sama seperti ibu rumah tangga biasanya. Pagi hari menyiapkan kopi dan bekal untuk suami, memandikan anak-anakku dan menyiapkan makanannya. Lalu, berangkat untuk mengantar Alea ke tempat les yang berjarak 40 menit dari rumah.

Iya, aku berkendara sendiri dengan dua anakkku yang masih kecil dari awal Januari. Butuh tenaga, konsentrasi, dan banyak berdoa selama di jalan. Perjuangan sekali aktivitas di luar rumah dengan membawa anak-anak yang masih kecil.

Belum lagi aku yang harus menghadiri acara parenting maupun acara dengan perempuan-perempuan hebat lainnya. Alhamdulilah, mereka sangat pengertian sekali, contohnya Jihan yang selalu bisa tertidur di dalam mobil.

Akhirnya setelah tiga bulan berlalu, pandemi corona masuk ke Indonesia. Pandemi ini menghentikan segala aktivitasku di luar rumah. Suamiku sudah mulai work from home. Aku sudah tidak menghadiri acara parenting di luar rumah lagi, kini kami bertatap muka lewat aplikasi video call conference dan Alea juga sudah tidak les lagi sejak pertengahan Maret. Alea belajar di rumah yang selalu diikuti perkembangannya oleh gurunya.

Berkreasi

decoupage
Berkreasi./Copyright Anggi Putri

Di sinilah titik aku mencari ide positif untuk dikembangkan menjadi aktivitas yang baru dan seru. Aku membuat talenan dari tisu bermotif dengan teknik decoupage. Caranya sangat mudah sekali. Pertama-tama aku memesan beberapa bahan untuk dijadikan pajangan dinding di rumah. Bahan-bahan ini sangat mudah didapatkan di e-commerce.

Bahan-bahan:

  • Talenan
  • Tisu Motif
  • Kuas
  • Lem
  • Varnish
  • Plastik
  • Spons

Cara Membuatnya sangat mudah. Lapisi talenan menggunakan lem khusus kayu, tempel tisu bermotif lalu ratakan menggunakan plastik dan tap tap dengan sponge. Tunggu sampai lem kering, hias dan jadi deh pajangan cantik dari talenan. Simpel, kan? Selamat mencoba ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓