Cara Membuat Telur Rebus Agar Matang Sempurna

Gayuh Tri Pinjungwati07 Apr 2020, 13:15 WIB
telur

Fimela.com, Jakarta Telur rebus bisa menjadi camilan yang enak atau dapat juga ditambahkan dalam salad dan sandwich. Meskipun merebus telur mungkin tampak sederhana, diperlukan waktu yang tepat untuk menghasilkan telur yang direbus matang sempurna tanpa adanya retakan atau kuning telur yang menajdi tidak sedap untuk dipandang. Berikut ini cara membuat telur rebus agar matang dengan sempurna.

Tempatkan Telur dalam Panci

Pilih ukuran panci berdasarkan berapa banyak telur yang akan dimasak. Untuk pemanasan yang merata, telur harus diletakkan dalam satu lapisan di bagian bawah panci, jangan menumpuk telur. Pilih panci yang dapat menampung air yang cukup banyak untuk menutup seluruh permukaan telur. 

Masukkan Air

Masukkan air ke dalam panci. Usahakan air dapat menutupi seluruh permukaan telur. Untuk memastikan pemanasan yang merata, air harus menutupi telur setidaknya 1 inci. Menambahkan 1 sendok makan cuka di dalam air akan membantu menjaga putih telur agar tidak keluar dari cangkang yang mungkin saja pecah. Selain cuka dapat juga menambahkan garam. Garam memiliki efek yang sama dengan cuka tetapi akan meningkatkan titik didih air, yang dapat menyebabkan terlalu matang pada kuning telur. Jika merebus telur dengan benar, cangkang seharusnya tidak retak.

Rebus Telur

Tempatkan panci di atas api sedang, tanpa tutup panci dan biarkan mendidih yang ditandai dengan gelembung besar dan kuat. Biarkan air mendidih tanpa menutup panci akan memperlambat proses pemanasan dan mengurangi kemungkinan retaknya cangkang. Mungkin akan melihat aliran gelembung keluar dari telur saat panas. Ini disebabkan oleh kantong udara di bagian bawah setiap telur mengembang saat dipanaskan. Udara yang mengembang akan keluar melalui pori-pori kecil dari kulit telur. Jika memanaskan telur terlalu cepat, udara akan mengembang lebih cepat daripada yang bisa keluar dan tekanan akan menyebabkan cangkang terbuka.

Menutup Panci

menutup panci saat merebus telur
Ilustrasi/copyrightshutterstock/wararara

Setelah mendidih angkat panci dari kompor. Kemudian tutup panci. Inilah waktu yang tepat, jika telur didiamkan di air panas terlalu lama, mereka akan matang dan kuning telur matang dengan sempurna. Telur dengan ukuran besar akan membutuhkan waktu sekitar 18 menit untuk matang sempurna sedangkan telur dengan ukuran sedang membutuhkan 12 menit. Atur timer untuk mencegah overcooking. Untuk telur yang direbus dengan lembut, biarkan telur selama 5 menit lebih sedikit dari waktu yang dibutuhkan untuk memasak telur.

Rendam Air Es

Jika telur sudah cukup berada di dalam rendaman air yang mendidih, ambil telur dan masukkan ke dalam air es dengan perlahan. Air es akan menyebabkan telur menarik diri dari cangkang, yang akan membuatnya lebih mudah dikupas.

Kupas Telur

Untuk mengupas telur, ketuk ringan pada permukaan. Setelah kulit retak, kulit harus mudah dikupas dari telur. Setelah kulit terlepas, bilas sebentar telur di bawah air untuk menghilangkan bagian kecil dari kulit telur yang mungkin tertinggal pada telur. Jika tidak merencanakan untuk dimakan segera, jangan biarkan kulit telur dikupas dan simpan di lemari es. Telur rebus yang belum dikupas akan tetap enak di lemari es hingga satu minggu.

Berikut tadi cara merebus telur supaya matang sempurna. Jika tidak ingin menikmati telur rebus dengan segera, telur dapat disimpan di lemari es selama satu minggu dan jangan mengulitinya.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓