3 Tips Bertumbuh di Tengah Krisis Pandemi Covid-19

Imelda Rahma07 Apr 2020, 18:17 WIB
Bertumbuh

Fimela.com, Jakarta Siapapun pasti setuju bahwa masa-masa menghadapi pandemic Covid-19 bukanlah perkara yang mudah untuk dijalani. Ada banyak aspek dalam kehidupan yang terdampak, mulai dari yang ringan sampai yang berat.

Kita bahkan tidak bisa menjalani hari-hari seperti biasanya, semuanya terpusat di rumah dan harus menahan diri. Sebagian orang bisa melaluinya, sebagian lagi merasa terkekang bahkan sampai mengalami stres.

Ini merupakan kondisi yang butuh pengertian, kesabaran, dan juga kedewasaan dalam menghdapinya. Daripada memperburuk situasi dengan menyalahkan keadaan, lebih baik belajar bertumbuh ditengah pandemi Covid-19.

Bertumbuh disini berarti kamu sudah mampu menerima kondisi dan tahu bagaimana cara menyikapinya bahkan bisa melihat peluang dimasa sulit ini. Jika kamu memiliki niat untuk bertumbuh maka, artikel Fimela.com kali ini sangat cocok untukmu.

Berikut 3 tips bertumbuh ditengah pandemic Covid-19, artikel yang akan menuntunmu untuk melihat wabah ini dengan cara yang lain dan pastinya lebih positif. Simak penjelasannya dibawah ini.

 

Mencari Cara Untuk Beradaptasi Dengan Perubahan

Mencari Cara Untuk Beradaptasi Dengan Perubahan
Ilustrasi Beradaptasi Dengan Perubahan Credit: pexels.com/Vinicius

Tips pertama untuk bertumbuh ditengah krisis pandemi Covid-19 ialah berusaha mencari cara atau solusi agar mampu beradaptasi dengan perubahan. Hal ini tentunya lebih baik daripada mengeluh tanpa berbuat sesuatu.

Kamu akan semakin menjadi pribadi yang dewasa jika yang ada dipikiranmu adalah mencari jalan keluar agar kamu tetap bisa survive dalam keadaan apapun. Proses mencari solusi yang tengah kamu jalani memberikanmu banyak pelajaran misalnya, kesabaran dan juga inovasi.

Jika kamu seorang pengusaha maka, kamu akan mencari cara bagaimana transaksi tetap berjalan tanpa harus tatap muka misalnya. Contoh lain, jika kamu seorang karyawan, kamu akan memanfaatkan keahlian lain yang kamu miliki untuk jadi peluang baru yang menghasilkan dan masih banyak lagi.

Pada intinya kamu tidak menyerah pada keadaan atau menunggu bantuan datang tanpa melakukan apa-apa. Ketika kamu berusaha mencari solusi, kamu sedang bertumbuh saat itu juga, karena kamu memahami bahwa hidup akan selalu penuh dengan tantangan dan situasi yang tidak terduga.

Menjaga Emosi dan Menyebarkan Optimisme

Menjaga Emosi dan Menyebarkan Optimisme
Ilustrasi Semangat Optimisme Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Selanjutnya, tips bertumbuh ditengah pandemi Covid-19 yang bisa kamu terapkan ialah menjaga emosi dan tetap menyebarkan semangat optimisme. Hal ini seharusnya bisa dilakukan oleh semua orang agar menjaga situasi tidak kisruh.

Ada banyak pemberitaan tentang Covid-19 dan setiap harinya jumlah korban terus bertambah, kondisi tersebut akan menjadi lebih buruk ketika orang-orang tidak bisa menjaga emosinya. Emosi seperti marah, cemas, takut, bingung, dan lain-lain harus tetap bisa dikontrol.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah semangat menyebarkan optimisme walaupun keadaan sedang tidak baik-baik saja. Apalagi yang tersisa jika bukan harapan dan keyakinan bahwa wabah ini pasti berakhir. Kamu bisa menyebarkan optimisme melalui media sosial agar orang-orang mendapatkan vibe positif sepertimu.

Berita-berita hoaks mengenai Covid-19 banyak bertebaran dimedia sosial, bahkan beberapa diantaranya berhasil menyulut emosi dan kekhawatiran akan penyebaran virus. Kamu bisa menyebarkan optimisme melalui berbagi berita dari sumber referensi terpercaya agar orang-orang tidak menjadi korban berita palsu.

Menggunakan Bakat Untuk Menolong Sesama

Menggunakan Bakat Untuk Menolong Sesama
Ilustrasi Menekuni Bakat Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Tips bertumbuh yang terakhir adalah menggunakan bakatmu untuk menolong sesama. Ini adalah dua hal berbeda yang bisa kamu kerjakan dalam satu waktu. Disatu sisi kamu bisa memaksimalkan bakat dan disatu sisi kamu bisa menolong orang lain.

Ada banyak kegiatan donasi yang digagas oleh para tokoh atau seniman untuk membantu korban Covid-19 atau masyarakat yang terdampak dengan adanya wabah ini. Begitu juga denganmu, apabila kamu memiliki bakat tertentu, coba kamu gali dan temukan potensinya.

Kamu akan bertumbuh menjadi sosok yang penuh empati jika membantu orang lain karena kamu ikut merasakan apa yang orang lain rasakan. Hal ini juga sekaligus melatih rasa kemanusiaan terhadap sesama.

Banyak masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya selama wabah berlangsung, mereka membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup. Tentu sangat mulia jika kamu bisa memiliki andil sebagai agen perubahan, agen penggerak untuk membuat situasi menjadi lebih baik dengan melakukan donasi online misalnya.

Lanjutkan Membaca ↓