Kaya Gizi hingga Tingkatkan Imun, Ini 5 Manfaat Makan Salad Buah Yogurt saat Sahur

Febi Anindya Kirana04 Mei 2020, 15:22 WIB
salad buah yogurt

Fimela.com, Jakarta Hal yang paling ditunggu-tunggu saat puasa Ramadan pasti adalah waktu berbuka dan sahur. Ada banyak makanan yang pasti muncul di dalam kepala untuk dinikmati. Salah satunya mungkin yang segar dan manis adalah salad buah.

Banyak orang mungkin berpikir bahwa salad buah hanya cocok dikonsumsi sebagai takjil buka puasa, nyatanya salad buah terutama dengan kandungan yogurt sangat baik dimakan saat sahur. Ini sekian manfaatnya dirangkum dari Healthline.

1. Kaya nutrisi

Kombinasi buah-buahan dan yogurt adalah perpaduan nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh agar kuat menjalani puasa seharian. Salad buah yogurt memiliki kandungan serat dan lemak sehat hingga tinggi vitamin seperti vitamin A, B, C, D dan mineral seperti kalsium, magnesium dan kalium sehingga sangat baik dimakan saat sahur.

2. Perut kenyang tahan lama

salad buah yogurt
ilustrasi salad buah yogurt/copyright by JeniFoto (Shutterstock)

Dibandingkan makan nasi putih yang banyak, lebih baik makan salad buah yogurt karena mengandung protein tinggi yang membuat perut kenyang tahan lama. Mengonsumsi protein yang cukup setiap sahur sangat penting menahan nafsu makan yang tinggi dan mengonsumsi kalori berlebih sehingga sekaligus bagus untuk menjaga berat badan.

3. Menjaga pencernaan sehat

Kandungan probiotik yang tinggi dalam yogurt sangat baik menjaga pencernaan sehat yang sering bermasalah selama puasa, entah itu kembung atau asam lambung. Probiotik merupakan bakteri sehat yang akan menjaga pencernaan lancar dan menyingkirkan bakteri yang berpotensi racun atau membawa penyakit.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

salad buah
copyright by Shutterstock

Agar tak mudah sakit apalagi terserang virus berbahaya, penting sekali tetap menjaga kekebalan tubuh dengan makanan selama puasa, dan salad buah dengan yogurt mampu memberikan asupan vitamin dan mineral cukup untuk menguatkan imun tubuh dari penyakit.

5. Menjaga jantung sehat

Kandungan nutrisi lengkap dari buah ditambah yogurt memiliki efek menyehatkan luar biasa tidak terkecuali untuk kesehatan jantung. Buah dan yogurt membantu menjaga kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah sehingga sangat baik menjaga kesehatan kardiovaskuler.

Itu daia sekian manfaat kesehatan yang bisa didaat jika makan salad buah yogurt saat sahur.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓