Penelitian Membuktikan, Kebanyakan Orang Selingkuh dengan Sosok yang Dikenalnya

Febi Anindya Kirana08 Mei 2020, 18:39 WIB
cincin pernikahan

Fimela.com, Jakarta Selingkuh adalah pilihan dan bisa dilakukan siapa saja. Terlepas siapa yang salah, orang pasti penasaran siapa sebenarnya orang-orang yang sering dijadikan selingkuhan? Karena ternyata sebuah studi menemukan ada beberapa jenis orang yang rentan jadi selingkuhan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Family Psychology menemukan bahwa pria cenderung berselingkuh dengan orang-orang yang dikenalnya.

Dari data survei 13.030 orang Amerika yang dikumpulkan antara tahun 2000 hingga 2016, mereka cenderung selingkuh dengan beberapa jenis orang, yaitu teman dekat mereka sendiri, tetangga, rekan kerja, orang yang sudah lama kenal, perempuan bayaran bahkan teman istri.

Orang yang jadi selingkuhan adalah orang dekat

pernikahan selingkuh
ilustrasi pernikahan dan cincin/Photo by Jeremy Wong Weddings on Unsplash

Peneliti menganalisis sembilan kelompok data dari U.S. General Social Survey, dan hasilnya sebanyak 53,5% adalah teman dekatnya sendiri, diikuti 29,4% adalah tetangga, rekan kerja dan kenalan, sebanyak 21% adalah teman kencan bayaran, dan sisanya 8% adalah lain-lain. Dalam hitungan persen di sini, total bisa lebih dari 100% karena peserta bisa memilih lebih dari satu pilihan, mempertimbangkan bahwa mereka bisa saja pernah selingkuh lebih dari satu kali.

Hasil penelitian ini didukung survei lainnya yang dilakukan Ashley Madison, situs kencan khusus bagi mereka yang sudah menikah namun juga mencari selingkuhan. Peserta survei sebanyak 1.300 pria dan perempuan ini mengungkap bahwa orang-orang yang sering mereka jadikan selingkuhan adalah orang-orang yang sudah dikenalnya seperti rekan kerja, teman sendiri, teman istri, saudara istri dan lain sebagainya yang masih berada di lingkaran orang-orang yang ia kenal.

Jadi, jika banyak orang mengira seseorang selingkuh dengan orang yang benar-benar tidak dikenalnya, bisa saja salah. Sebenarnya lebih banyak merek selingkuh dengan orang-orang yang dekat.

#ChangeMaker with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓