Sebagai Pribadi yang Pendiam, Ini 5 Ciri Umum Seorang Introvert

Karla Farhana27 Mei 2020, 07:00 WIB
introvert

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu mengenal seseorang yang memiliki kepribadian introvert, kamu mungkin menganggap orang tersebut lebih suka menyendiri dan tidak suka bertemu dengan banyak orang. Meskipun hal ini bisa saja terjadi pada diri seorang introvert, namun ternyata masih banyak orang yang salah mengira tentang introvert. 

Dilansir dari Psychology Today, penulis Quiet: The Power of Introverts in a World That Can't Stop Talking karya Susan Cain menjelaskan kalau introvert tidak selamanya terus menyendiri. Mereka bisa saja memiliki kepribadian yang hangat, menarik, dan memiliki karakter yang kuat. 

Namun, stigma berkata lain. Padahal, orang-orang introvert diestimasikan cukup banyak di dunia ini. Huffington Post melaporkan, diperkirakan ada 25-40 persen dari seluruh populasi di dunia merupakan introvert. 

Selain stigma tersebut, banyak juga orang yang keliru dengan menganggap introvert sama dengan social anxiety atau shyness. Padahal, menjadi introvert tidak berarti kamu pemalu atau gangguan kecemasan sosial. Jika kemungkinan kamu merasa termasuk orang yang introvert, kamu akan memiliki beberapa tanda berikut ini. 

1. Senang Menghabiskan Waktu Sendirian

[Fimela] introvert
introvert | pexels.com/@luhras

Tidak semua orang merasa nyaman ketika harus menjalani hari dan berbagai aktivitas sendirian. Misalnya, ke mall, makan di restoran, atau menonton bioskop. Namun, menurut Psychology Today, orang introvert justru merasa nyaman dan senang menjalani harinya sendirian. Bukan berarti anti sosial, lho. 

2. Tidak Suka Obrolan Ringan

Selain itu, Huffington Post menulis, orang yang introvert cenderung tidak menyukai obrolan ringan. Namun, menurut Laurie Helgoe penulis Introvert Power: Why Your Inner Life Is Your Hidden Strength mengatakan kalau tanda ini bukan berarti menunjukkan orang introvert tidak suka obrolan ringan karena tidak suka dengan banyak orang. 

3. Tetap Bisa ke Acara Besar

Pesta atau acara-acara besar lainnya tetap introvert datangi. Tapi, bukan berarti mereka datang untuk bertemu orang-orang. Mereka akan datang untuk menikmati waktu, dimana mereka bisa melakukan apa yang mereka sukai di sana. 

4. Menghindari Orang yang Terlihat Marah

[Fimela] Introvert
Introvert | pexels.com/@rethaferguson

Kamu memilih untuk tidak berurusan dengan orang-orang yang terlihat marah atau kesal atau bad mood. Menurut penelitian yang dilakukan University College London psikolog Marta Ponari, dkk menunjukkan kalau para introvert biasanya menghindari orang-orang marah, kesal, dan terlihat bad mood karena tidak ingin memperkeruh suasana atau memengaruhi suasana hati mereka. 

5. Gampang Terdistraksi

Introvert juga mudah terdistraksi dan kewalahan di tengah lingkungan yang bikin mereka mudah terdistraksi. 

Nah, jika kamu memiliki sebagian besar tanda di atas, bisa jadi kamu termasuk introvert. Namun, tentu saja hal ini harus ditentukan dengan tes kepribadian dan arahan dari psikolog. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓