Tips Belanja Perlengkapan Secara Online untuk Lebaran

Kezia Prasetya Christvidya23 Mei 2020, 12:15 WIB
dapur-kezo

Fimela.com, Jakarta Sebentar lagi lebaran akan tiba. Namun lebaran kali ini hanya bisa dilakukan di rumah saja, tanpa harus mudik. Selain dilarang mudik, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas di luar rumah, kecuali untuk kerja atau membeli sembako.

Banyak sekali perlengkapan lebaran yang harus dibeli, tapi tidak perlu khawatir, karena belanja perlengkapan lebaran bisa di beli secara online. Kamu bisa membeli perlengkapan dapur, pakaian lebaran, bahkan sembako atau bahan masakan juga bisa dibeli secara online.

Agar tidak over budget, berikut tips belanja perlengkapan untuk lebaran, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

Mempersiapkan Keuangan

ilustrasi persiapkan keuangan untuk belanja perlengkapan lebaran/pexels
ilustrasi persiapkan keuangan untuk belanja perlengkapan lebaran/pexels

Tips belanja perlengkapan lebaran secara online, persiapkan keuangan, agar tidak belanja terlalu banyak. Biasanya saat lebaran, kebutuhan untuk belanja perlengkapan lebaran akan lebih banyak, dari pada perlengkapan atau kebutuhan harian.

Sahabat Fimela bisa mempersiapkan list belanja terlebih dahulu, lalu mempersiapkan uang, dan belilah barang yang sesuai dengan kebutuhan. Pada tampilan menu toko online, biasanya menyediakan menu sortir, pilihlah menu sortir yang menampilkan barang dengan harga lebih murah terlebih dahulu.

Buat Daftar Belanja

ilustrasi buat daftar belanja untuk beli perlengkapan lebaran/pexels
ilustrasi buat daftar belanja untuk beli perlengkapan lebaran/pexels

Tips belanja secara online, untuk membeli perlengkapan lebaran, tulislah daftar belanja terlebih dahulu. Menulis daftar belanja sebelum belanja online, sangat penting untuk dilakukan, agar tidak membeli perlengkapan lebaran secara berlebihan.

Sahabat Fimela bisa mulai menulis daftar belanja mulai dari perlengkapan dapur, perlengkapan untuk ibadah saat lebaran, hingga perlengkapan camilan atau hidangan untuk lebaran. Membuat daftar belanja, bisa membantumu untuk berhemat, karena akan lebih terkontrol dalam membelanjakan perlengkapan lebaran.

Pilih Toko yang Terpercaya

ilustrasi tips belanja online untuk perlengkapan lebaran/pexels
ilustrasi tips belanja online untuk perlengkapan lebaran/pexels

Tips belanja secara online, untuk membeli perlengkapan lebaran, bisa dilakukan dengan memilih toko yang terpercaya. Membeli di toko online yang memiliki rating tinggi, bisa menjamin produk atau barang yang dibeli, adalah barang yang original.

Saat belanja online, Sahabat Fimela harus lebih berhati-hati, karena ada beberapa toko yang menjual barang palsu. Lebih baik memilih toko yang memiliki review bagus, ada foto produk yang original, dan toko tersebut memiliki pengikut yang banyak.

Menggunakan Voucher Diskon

ilustrasi tips belanja online dengan voucher online/pexels
ilustrasi tips belanja online dengan voucher online/pexels

Tips belanja online yang selanjutnya, untuk membeli perlengkapan lebaran, dengan menggunakan voucher diskon. Pada aplikasi toko online, banyak sekali terdapat voucher diskon, yang bisa digunakan untuk membeli perlengkapan lebaran.

Dengan adanya voucher pada online, Sahabat Fimela bisa menghemat pengeluaran untuk membelanjakan sesuatu, dan bisa menghemat biaya pengiriman. Karena selain voucher diskon, ada juga toko yang menyediakan voucher gratis ongkir, untuk menghemat biaya pengiriman walaupun dikirim keluar kota.

Hindari Membeli Barang Luar Negeri

ilustrasi tips belanja online perlengkapan lebaran/pexels
ilustrasi tips belanja online perlengkapan lebaran/pexels

Tips belanja online untuk perlengkapan lebaran, sebisa mungkin hindari belanja di toko yang berasal dari luar negeri, untuk menjaga keamanan. Pada saat pandemi corona seperti ini, kamu harus tetap menjaga keamanan dan kesehatan, maka belilah di toko online lokal agar keamanan lebih bisa diawasi.

Selain untuk mencegah penularan virus corona, membeli perlengkapan lebaran di toko lokal online, bisa membantu meningkatkan perekonomian negara dan mendukung UMKM.

Terima Barang Tanpa Kontak Langsung dengan Pengirim

ilustrasi tips belanja online untuk perlengkapan lebaran/pexels
ilustrasi tips belanja online untuk perlengkapan lebaran/pexels

Tips melakukan belanja online terakhir, untuk perlengkapan lebaran, yaitu menghindari kontak langsung dengan pengirim.

Saat barang datang, Sahabat Fimela bisa menjaga kontak langsung dengan pengirim paket, hal ini bisa membantu mencegah penyebaran virus corona.

Pengirim paket bisa menaruh barang di depan rumah, lalu semprot barang tersebut dengan disenfectant, lalu membuka paket belanjaan di luar rumah dan langsung membuang bungkusnya.

Lanjutkan Membaca ↓