Selain Selingkuh, Ini 6 Alasan Terjadinya Perceraian

Vinsensia Dianawanti27 Mei 2020, 11:30 WIB
Perceraian

Fimela.com, Jakarta Menikah dengan orang yang dicintai dan hidup bahagia menjadi hal terindah yang diinginkan semua orang. Namun pada beberapa pasangan suami istri akhirnya memutuskan untuk kmelakukan perceraian karena merasa penikahannya sudah tidak dapat diselamatkan.

Selain selingkuh, ada banyak alasan pasangan suami istri memilih jalur perceraian sebagai solusi dari masalah rumah tangga mereka, seperti dilansir dari Selasa (26/5/2020). Apa saja?

1. Masalah keuangan

Bukan hanya cinta yang jadi fondasi pernikahan. Masalah keuangan yang tidak ditata dengan baik bisa berujung pada perceraian. Cara kamu menghasilkan uang, membelanjakan dan menyimpannya akan berpengaruh pada kehidupan rumah tangga. Pasangan yang tidak sepakat satu sama lain soal keuangan akan menumbuhkan kebencian dan memperburuk situasi.

2. Tidak adanya rasa saling menghargai

Rasa saling menghormati dan adanya kecocokan sama-sama berperan penting untuk mempererat rumah tangga. Kamu akan cenderung saling meremehkan dan sulit saling menyesuaikan jika tidak ada rasa saling menghargai.

 

3. Kekerasan

perceraian
ilustrasi perempuan/Photo by Caio Resende from Pexels

Segala bentuk pelecehan fisik, emosi maupun mental dapat melemahkan kekuatan pernikahan. Ketika terjadi pelecehan dalam pernikahan tentu akan melunturkan arti cinta dan kasih sayang. Ada banyak orang yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga memutuskan untuk bercerai.

4. Tidak siap menikah

Ketika seseorang tercepat atau memaksakan sebuah pernikahan, bukan tidak mungkin itu justru menuntunnya pada perceraian. Hal ini karena seseorang akhirnya menyadari bahwa ia belum siap sepenuhnya bertanggung jawab pada pernikahan. Selain itu, seseorang akan cenderung tidak memiliki ikatan pernikahan yang kuat jika dilakukan terburu-buru.

5. Minim sentuhan fisik

Sentuhan fisik membuat hidup rumah tangga menjadi lebih bergairah. Ketika hal tersebut tidak terjadi membuat pernikahan menjadi begitu hampa. Ditandi dengan bersikap dingin hingga enggan melakukan kontak fisik.

6. Tidak adanya dukungan emosional

Keintiman dan dukungan emosional sangat penting bagi sebuah pernikahan. Sejak menikah sudah sewajarnya jika pasangan suami istri berbagi cerita, masalah, dan perasaan satu sama selain. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan dukungan emosional yang memang dibutuhkan. Ketika hal ini tidak terjadi dalam pernikahan bisa mengakibatkan terjadinya perceraian.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓