Tips Mencegah Kacamata Berkabut saat Menggunakan Masker

Gayuh Tri Pinjungwati26 Mei 2020, 11:15 WIB
berkacamata

Fimela.com, Jakarta Ketika bepergian ke luar rumah mengenakan masker sementara sebagian Sahabat Fimela juga mengenakan kacamata, mungkin akan memperhatikan napasmu terkadang mengalir ke atas dan membuat kaca mata menjadi berkabut. Berikut ini adalah beberapa cara agar kacamata tidak berkabut saat mengenakan masker ketika keluar ruangan.

Kencangkan Masker

Napas mengalir ke atas bisa menjadi tanda bahwa masker yang dikenakan tidak cukup ketat di sekitar area hidung. Jika mengenakan masker medis yang memiliki logam bagian atasnya, sebaiknya sesuaikan dengan kontur wajah. Akan tetapi, jika menggunakan masker kain cobalah untuk mengikatnya dengan kencang, supaya aliran napas tidak mengalir ke atas yang membuat kacamata menjadi berkabut.

Sesuaikan Posisi Masker dengan Kacamata

Menurunkan posisi masker wajah dapat dilakukan supaya udara tidak mengalir ke atas yang membuat kacamata berkabut. Tetapi jangan terlalu rendah, karena masker harus menutupi sebgain besar area hidung dan seluruh mulut. Jangan terlalu sering menyentuh kacamata serta hindari menyentuh wajah terlalu sering di depan umum.

Gunakan Masker Kain dengan Serat yang Baik

Masker Kain Memiliki Fungsi Penahan Droplet
Ilustrasi Masker Kain Credit: pinterest.com/SitiNurjanah

Jika menggunakan masker, cobalah untuk menggunakan filter yang memungkinkan lebih banyak udara mengalir. Sahabat Fimela dapat membuat atau memilih masker dengan bahan yang berbeda. Pilihlah serat kain yang bagus agar lebih efektif digunakan untuk mencegah penularan virus.

Bersihkan Kacamata dengan Cairan Pembersih Lensa

Sahabat Fimela dapat membersihkan kacamata dengan cairan pembersih kacamata. Membiarkannya kering di udara dapat mencegah kabut karena meninggalkan lapisan perlindungan pada lensa. Membersihkan secara rutin kaca mata juga dapat mencegah berkembangnya bakteri yang menempel pada kacamata.

Selain melindungi dari virus, menggunakan masker juga dapat melindungi saluran pernapasan dari polusi udara. Tetapi menggunakan masker menjadi masalah tersendiri bagi mereka yang menggunakan kacamata. Tetap perhatikan kebersihan kacamata dan perhatikan cara penggunaan masker dengan baik.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓