Perkara Jatuh Cinta Semestinya tak Membuat Seseorang Jadi Egois

Endah Wijayanti01 Jun 2020, 15:47 WIB
hati yang pernah patah

Fimela.com, Jakarta Saat seseorang jatuh cinta, ada banyak hal dalam hidupnya mungkin akan berubah. Ruang di hatinya akan dipenuhi oleh sosok orang yang dicintainya. Bahkan dunianya seakan berpusat hanya pada satu-satunya orang yang dicintainya itu.

Seseorang bisa berubah jadi egois saat sedang dimabuk asmara. Hanya memikirkan dirinya sendiri dan menyerahkan seluruh dunianya pada satu orang yang dicintai. Namun, perkara jatuh cinta semestinya tak membuat seseorang jadi egois. Egois dalam arti hanya memikirkan diri sendiri dan orang yang dicintainya sampai melupakan hal-hal penting lainnya dalam hidupnya.

Beri Cinta Ruang Secukupnya di Hati

Saat sudah tergila-gila pada seseorang, rasanya kita rela memberikan seluruh ruang di hati kita untuknya. Padahal masih ada orang-orang terdekat lainnya yang juga perlu kita beri ruang di hati kita. Entah itu orangtua, saudara, anggota keluarga, atau sahabat kita. Berikan porsi ruang yang secukupnya untuk cintamu pada seseorang. Sehingga kita masih bisa berbagi dan merasakan cinta yang lain dari orang-orang yang sudah lebih dulu mencintai kita tanpa syarat.

 

 

True love is supposed to make you into a better person-uplift you.― emily giffin, Love the One You're With

karakter zodiak
ilustrasi./Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Cinta Sejati Seharusnya Membuat Diri Lebih Baik

Bukan makin egois yang hanya memikirkan diri sendiri dan satu-satunya orang yang kita sebut pasangan. Jangan sampai merasa dunia ini hanya milik berdua. Terlalu egois rasanya jika semua aspek kehidupan ini kita berikan hanya pada satu orang. Apalagi bila sudah memutuskan untuk menikah atau berumah tangga, harus benar-benar siap dan mampu membagi cinta pada orang-orang terdekat yang lain. Tetap perlu bersikap baik dan perhatian pada orangtua, keluarga, dan sahabat meski mungkin "porsinya" perlu disesuaikan.

Menjaga Keselarasan Hidup adalah Bagian dari Cinta

Memang tidak mudah. Butuh upaya dan perjuangan panjang untuk bisa tetap menjaga keselarasan dan keseimbangan hidup saat kita sudah menjalin hubungan dengan seseorang. Hanya saja hidup yang selaras dan seimbang adalah hal penting yang perlu kita miliki. Maka dari itu, untuk bisa benar-benar berkomitmen dalam sebuah hubungan butuh kedewasaan. Berani jatuh cinta, maka berani juga memulai perjuangan baru dalam hidup.

Cinta kadang membuat seseorang "buta" bila tak diimbangi dengan kedewasaan dalam menjaga keselarasan hubungan. Semoga saat kita jatuh cinta pada seseorang, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bukan makin egois memikirkan kepentingan diri sendiri.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓