7 Makanan yang Terbaik untuk Meningkatkan Memori dan Perkembangan Otak

Gayuh Tri Pinjungwati02 Jun 2020, 12:15 WIB
Makan

Fimela.com, Jakarta Sebagai pusat kendali, otak bertugas menjaga jantung berdetak, paru-paru tetap bernapas, memungkinkanmu untuk bergerak, merasakan dan berpikir. Itu sebabnya penting untuk menjaga kesehatan otak supaya kondisi kinerja tetap stabil. Makanan yang dikonsumsi berperan dalam menjaga otak tetap sehat dan dapat meningkatkan kerja orak seperti memori dan konsentrasi. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat dikonsumsu untuk meningkatkan kesehatan otak.

Minyak Ikan

Ketika orang-orang berbicara tentang makanan yang baik untuk kesehatan otak, minyak ikan merupakan salah satu pilihan utama bagi kebanyakan orang. Jenis ikan ini termasuk salmon dan sarden yang semuanya merupakan sumber asam lemak omega-3. Otak menggunakan omega-3 untuk membangun sel otak dan saraf. Omega -3 juga sangat baik untuk meningkatkan pembelajaran dan memori. Tidak mendapatkan cukup asupan omega-3 berkaitan dengan gangguan belajar serta depresi.

Kopi

Jika kopi adalah minuman utama untuk memulai kegiatan, Sahabat Fimela akan senang mendengar bahwa kopi itu baik untuk tubuh. Dua komponen utama dalam kopi yaitu kafein dan antioksidan dapat menjag kesehatan otak. Kopu memiliki sejumlah efek positif pada otak, termasuk peningkatan kewaspadaan dan meningkatkan suasana hati. Minum kopi dalam jangka panjang juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurologis seperti Parkinson dan Alzheimer.

Blueberry

Blueberry memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan otak. Blueberry dan buah beri lainnya memberikan anthocyanin, sekelompok senyawa tanaman dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan. Antioksidan bertindak melawan stres oksidatif dan peradangan, kondisi yang dapat berkontribusi pada penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif.

Kunyit

Kunyit
Ilustrasi Kunyit (iStockphoto)​

Kunyit telah menghasilkan banyak manfaat. Curcumin, bahan aktif dalam kunyit, sangat bermanfaat bagi sel-sel di otak. Ini adalah antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi yang telah dikaitkan dengan manfaat bagi otak seperti meningkatkan ingatan, meringankan depresi, dan membantu perkembangan sel baru pada otak.

Brokoli

Brokoli mengandung senyawa tanaman yang kuat termasuk antioksidan dan vitamin K. vitamin yang larut dalam lemak ini sangat penting untuk membentuk sphingolipid, sejenis lemak yang dikemas secara padat ke sel-sel otak. Vitamin Ka juga dapat meningkatkan daya ingat yang lebih baik. Selain vitamin K, brokoli mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu melindungi otak terhadap kerusakan.

 

Jeruk

jeruk mandarin
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Nitr

Seseorang bisa mendapatkan semua vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari dengan mengonsumsi satu buah jeruk berukuran medium. Jika ini dilakukan dengan rutin dapat membantu menjaga kesehatan otak, karena Vitamin C adalah faktor untuk mencegah penurunan mental.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dalam jumlah yang cukup dapat melindungi dari menjaga daya ingat terkait dengan usia dan penyakit Alzheimer. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melawan radikan bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Vitamin C juga dapat ditemukan dalam paprika, jambu biji, kiwi, tomat dan stroberi.

Telur

Telur adalah sumber nutrisi yang baik dari beberapa nutrisi yang dikaitkan dengan kesehatan otak, termasuk vitamin B6 dan B12, folat dan kolin. Kolin adalah mikronutren penting yang digunakan tubuh untuk membuat asetilkolin, neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati dan memori. Asupan kolin yang tinggi dikaitkan dengan memori dan fungsi mental yang lebih baik. Mengonsumsi telur adalah salah satu cara mudah untuk mendapatkan kolin, mengingat kuning telur adalah salah satu sumber nutrisi yang paling baik.

Banyak jenis makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan otak. Beberapa makanan seperti buah, sayuran yang mengandung antioksidan dapat membantu melindungi otak dari kerusakan. Makanan lain seperti telur juga dapat mendukung daya ingat dan perkembangan otak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓