5 Alasan Mengapa Hubungan Tanpa Status Banyak Diminati

Imelda Rahma02 Jun 2020, 20:35 WIB
Relationship

Fimela.com, Jakarta Komitmen dalam berhubungan dengan seseorang memang merupakan satu hal yang sulit dan tidak semua orang mampu menjalaninya. Mungkin inilah yang menjadi dorongan bagi sebagian besar orang memilih untuk menjalani hubungan tanpa status.

Hubungan tanpa status sendiri merupakan sebuah keadaan dimana pria dan perempuan menjalin hubungan cukup dekat tanpa melabelinya seperti berpacaran, bertunangan, atau menikah. Sangat sulit memang mendefinisikannya, hubungan ini nampak seperti persahabatan namun lebih intens. Biasanya hubungan tanpa status juga bisa terjadi karena sudah disepakati dari awal namun, bisa juga terjadi begitu saja.

Orang yang memilih untuk menjalani hubungan tanpa status akan memperlakukan lawan jenisnya layaknya seperti pasangan namun, keduanya tidak mengakui adanya ikatan. Disatu sisi, ini ada keuntungannya namun, ada juga kekurangannya. Akan tetapi, itu semua kembali lagi kepada masing-masing orang karena hubungan jenis apapun memang memiliki konsekuensi.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan hubungan yang satu ini, Fimela.com akan mengulas 5 alasan mengapa hubungan tanpa status banyak diminati. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Belum Berani Memulai Komitmen

Belum Berani Memulai Komitmen
Ilustrasi Hubungan Tanpa Status Credit: pexels.com/Jasmine

Alasan mengapa hubungan tanpa status banyak diminati adalah jelas saja karena masih banyak orang belum berani untuk memulai komitmen. Tidak ada hal yang salah memang karena komitmen hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki kedewasaan dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Banyak orang menganggap bahwa komitmen dalam suatu hubungan adalah hal berat yang bisa menjadi beban hidup sehingga memunculkan ketakutan-ketakutan untuk memulainya. Itulah mengapa mereka akhirnya bermain aman dengan hubungan tanpa status.

Namun, kamu juga harus menyadari bahwa hubungan tanpa status tidak selamanya akan berjalan baik, justru bisa jadi malah akan memunculkan lebih banyak drama karena tidak ada ikatan yang pasti diantara kalian dan lagipula siapa yang bisa mengontrol perasaan jika kita sudah jatuh cinta, maka dari itu, coba pikirkan lagi jenis hubungan ini sebelum memulainya.

Menghindari Drama dan Rasa Sakit Hati

Menghindari Drama dan Rasa Sakit Hati
Ilustrasi Hubungan Tanpa Status Credit: pexels.com/pixabay

Seperti yang sudah disinggung pada ulasan pertama bahwa salah satu alasan mengapa hubungan tanpa status banyak diminati ialah karena ingin menghindari drama dan sakit hati. Banyak orang berpikir bahwa adanya ikatan membuat banyak keterbatasan dan juga beresiko terkena sakit hati karena takut batasan tersebut diingkar salah satu pasangan.

Dengan tidak adanya ikatan maka, tidak ada yang dirugikan atau dikhianati karena memang dari awal sudah seperti itu kesepakatannya, tidak ada ikatan. Hubungan tanpa status jelas tidak menuntut pasangannya untuk setia, juga tidak berkenan untuk mengklaim adanya rasa cemburu.

Maka dari itu, mereka lantas berpikir bahwa hubungan tanpa status tidak akan menimbulkan drama karena masing-masing pasangan memiliki kebebasan dan tidak ada ikatan untuk memikirkan perasaan satu sama lain. Memang kelihatan aneh namun ternyata hal ini diminati banyak orang dewasa.

Memiliki Trauma di Masa Lalu

Memiliki Trauma di Masa Lalu
Ilustrasi Hubungan Tanpa Status Credit: pexels.com/pixabay

Selanjutnya, alasan mengapa hubungan tanpa status banyak diminati adalah karena masing-masing dari mereka memiliki trauma dimasa lalu yang akhirnya membuat mereka tidak percaya dengan komitmen. Mereka berpikir asalkan saling menyayangi, itu sudah lebih dari cukup ketimbang mereka harus terluka lagi dengan adanya ikatan dan komitmen.

Tentu trauma dimasa lalu memang bisa terjadi pada siapa saja dan untuk menghilangkannya, semua orang memiliki masanya masing-masing. Bagi mereka yang begitu terpukul dengan kegagalan kisah cintanya dimasa lalu, bisa jadi beralih untuk memilih berhubungan tanpa adanya status sembari mengobati dan melupakan rasa traumanya.

Sedang Menentukan Pilihan yang Tepat

Sedang Menentukan Pilihan yang Tepat
Ilustrasi Hubungan Tanpa Status Credit: pexels.com/freestocks

Keempat, alasan mengapa hubungan tanpa status banyak diminati adalah karena dijadikan sebuah strategi untuk menentuka pilihan yang tepat, atau pasangan yang tepat. Tentu jika harus ada ikatan maka, seseorang akan memiliki keterbatasan untuk melihat yang lain dalam artian, mencari yang memang tepat karena bisa jadi pasangannya yang sekarang ternyata bukan jodohnya.

Bagi seseorang yang ingin berumah tangga terutama pasti ingin mendapatkan pasangan yang benar-benar tepat untuknya dan salah satu caranya adalah menjalin hubungan tanpa status. Dengan cara ini, kamu bisa mengenal seseorang dan bisa mempertimbangkannya apakah orang tersebut layak untuk kamu ajak ke arah yang lebih serius atau tidak.

Bagian dari Kebutuhan Hidup

Bagian dari Kebutuhan Hidup
Ilustrasi Hubungan Tanpa Status Credit: pexels.com/JCarter

Terakhir, alasan mengapa hubungan tanpa status banyak diminati adalah karena bagian dari kebutuhan hidup. Apapun kondisinya, baik kamu mengalami trauma ataupun belum siap berkomitmen, semua orang pasti setuju bahwa memiliki seseorang yang menyayangi kita adalah hal yang membahagiakan.

Memiliki seseorang yang memperhatikan dan memberikan kasih sayangnya kepada kita adalah sebuah kebutuhan, apalagi bagi orang dewasa. Cara tercepat dan termudah untuk memenuhinya adalah hubungan tanpa status selagi masing-masing pihak memang belum siap untuk meresmikannya sebagai sebuah ikatan.

Lanjutkan Membaca ↓