7 Jus yang dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh saat Sakit

Gayuh Tri Pinjungwati03 Jun 2020, 11:15 WIB
minuman untuk bakar lemak

Fimela.com, Jakarta Sistem kekebalan tubuh pada seseorang secara terus-menerus aktif, mencari tahu sel mana yang menjadi bagian tubuhmu dan mana yang bukan. Ini berarti sistem kekebalan tubuh membutuhkan vitamin dan mineral yang sehat untuk menjaga energi tetap tinggi. Mengonsumsi buah dan sayur dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap stabil. Buah dan sayur dapat dinikmati dengan berbagai cara salah satunya dengan membuat jus. Nutrisi penambah imunitas yang ada pada jus dapat mendorong dan pertahanan alami tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis jus yang dapat dinikmati untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

Wortel, Apel, dan Jeruk

Wortel, apel dan jeruk adalah kombinasi yang unggul untuk membantu tubuh melindungi diri dan melawan infeksi virus dan bakteri. Selain itu kandungan vitamin pada wortel dan apel dapat meningkatkan kesehatan mata dan melancarkan pencernaan. Sedangkan vitan C pada buah jeruk sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jeruk

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari zat yang merusak tubuh. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyembuhan luka menjadi lebih lama, ketidakmampuan melawan infeksi dengan tepat dan gangguan respon imun. Dan salah satu sumber vitamin C terbaik ada pada buah jeruk.

Tomat, Wortel, dan Apel Hijau

Cara terbaik untuk mengonsumsi jus segar tanpa adanya bahan tambahan adalah dengan membuatnya sendiri. Tomat juga mengandung vitamin C seperti yang dijelaskan di atas vitamin C perperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada seseorang. Rutin mengonsumsi jus ini selain dapat meningkatkan imunitas juga dapat meningkatkan kesehatan mata dan pencernaan. Kandungan folat pada buah tomat dapat membantu menurunkan risiko infeksi.

Kale, Tomat dan Seledri

Coba Resep Jus Bayam Ini Untuk Detoks di Akhir Pekan
Berencana untuk detoksifikasi akhir pekan ini. Coba deh minum jus sayur yang bisa detoksifikasi ini

Kale adalah salah satu sayuran yang sering digunakan untuk membuat jus hijau. Mengonsumsi jus kale, tomat dan seledri meningkatkan lebih dari cukup vitamin A. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jus ini juga memberikan manfaat anti-iflamasi.

Buah Bit, Wortel, Jahe dan Kunyit

Kombinasi jus ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala inflamasi. Peradangan seringkali merupakan respon imun terhadap infeksi. Ini dapat menyebabkan gejala flu seperti pilek, batuk dan demam.Orang yang menderita rheumatoid arthritis mungkin mendapat manfaat dari minum jus ini, karena kunyit dan jahe memiliki anti-inflamasi.

Stroberi dan Mangga

Jus stroberi dan manga adalah cara sehat untuk mengonsumsi minuman sehat saat setelah makan siang. Vitamin E dari manga menambah manfaat antioksidan tambahan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama orang dewasa yang lebih tua.

Semangka

Semangka tidak hanya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu meredakan nyeri otot. Nyeri otot adalah gejala umum flu, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Kandungan air yang banyak dari semangka dapat membuatnya lebih mudah untuk dibuat jus.

Membuat jus, smoothie dan minuman bernutrisi adalah salah satu cara yang lebih enak untuk mendapatkan nutrisi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan lainnya. Cara lain untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yaitu tetap kuat termasuk mempraktikkan kebersihan yang baik, tetap terhidrasi dan sering berolahraga.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓