5 Tips Atasi Kebiasaan Sering Berpikiran Negatif

Endah Wijayanti04 Jun 2020, 11:45 WIB
pikiran negatif

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar waktu yang kita miliki kita habiskan di dalam pikiran kita sendiri. Kita mencemaskan banyak hal dalam hidup. Berbagai pikiran negatif sering hadir karena rasa khawatir dan prasangka buruk yang datang bertubi-tubi.

Terlalu sering berpikiran negatif hanya akan membuat kita makin kesulitan menikmati pengalaman-pengalaman hidup yang nyata. Selain itu, energi kita pun seringkali akan terkuras habis bila pikiran negatif itu tidak kita kendalikan dengan baik. Bahkan membuat hati makin cemas, was-was, dan gelisah. Untuk mengatasi kebiasaan sering berpikiran negatif, ada sejumlah tips yang bisa dicoba.

1. Ambil Jeda

Melansir psychologytoday.com, setiap kali ada pikiran yang mengganggu cobalah untuk berhenti dan mengevaluasi keakuratannya. Apakah sesuatu yang negatif itu benar-benar akan terjadi atau itu hanya asumsi dan imajinasi kita sendiri yang memanipulasi kita? Pikirkan kemungkinan-kemungkinan lain yang lebih baik. Jadi tak hanya berkubang pada pikiran negatif itu sendiri.

2. Hadirkan Pikiran Negatif Itu Sebentar Saja

Seringkali terjadi semakin kita ingin mengusir pikiran negatif, pikiran tersebut makin kuat dan sulit diatasi. Untuk itu cobalah untuk mengizinkan pikiran tersebut hadir dalam diri kita, tapi sebentar saja. Misalnya, selama lima menit saja izinkan dirimu memikirkan segala kemungkinan terburuk. Setelah itu, fokuskan diri pada hal lain yang lebih bermanfaat dan bermakna.

3. Berhenti Menghakimi

perempuan sedih
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Photo_DDD

Seringkali kita tak sadar bahwa kita kerap menghakimi diri sendiri dan orang lain. Terus menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan menghadirkan perasaan kecewa dan negatif. Untuk itu, cobalah untuk berhenti menghakimi. Berhenti mengambil kesimpulan terhadap sesuatu secara dini.

4. Latihan Bersyukur

Penelitian membuktikan bahwa perasaan bersyukur memberi dampak besar terhadap tingkat perasaan positif dan kebahagiaan. Mensyukuri hal-hal sederhana atau hal-hal kecil akan memberi pengaruh besar terhadap suasana hati. Menyadari dan memperhatikan bahwa ada hal-hal yang masih berjalan dengan baik bisa membantu mengalihkan perhatian dari pikiran negatif berlebihan.

5. Fokus pada Kelebihan yang Dimiliki

Kadang pikiran kita terlalu negatif pada diri sendiri karena merasa diri kita sudah membuat banyak kesalahan. Seakan ada banyak hal yang kita perbuat telah mengecewakan banyak pihak. Di saat seperti ini, fokuslah pada kelebihan yang dimiliki. Fokuslah pada hal-hal baik yang masih bisa dilakukan.

Bila kita merasa masih sering kesulitan mengatasi kebiasaan sering berpikir negatif, tak ada salahnya untuk mencari bantuan dari pakar, seperti dari psikolog atau psikiater. Kesehatan mental kita sama pentingnya dengan kesehatan tubuh kita.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓