Manfaat Lada Hitam yang Bagus Dikonsumsi Saat Diet

Kezia Prasetya Christvidya04 Jun 2020, 20:35 WIB
lada-kezo

Fimela.com, Jakarta Lada hitam merupakan bumbu dapur, yang biasanya digunakan untuk menambah rasa pada masakan, dan bisa dikonsumsi saat diet.

Lada hitam memiliki rasa yang pedas, cocok untuk diolah menjadi banyak lauk pauk, dan bisa membuat tubuh menjadi hangat. Lada hitam memiliki senyawa aktif, yang disebut dengan kandungan piperine, dan sangat bagus dikonsumsi saat diet.

Selain bisa membantu menambah cita rasa pada sebuah masakan, lada hitam memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut manfaat lada hitam, yang baik dikonsumsi pada saat diet, yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Mencegah Infeksi

ilustrasi lada hitam untuk diet/pexels
ilustrasi lada hitam untuk diet/pexels

Lada hitam memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, jika dikonsumsi pada saat diet, salah satunya bisa membantu menyembuhkan infeksi. Lada hitam memiliki kandungan piperin, yang merupakan senyawa aktif, yang bisa membantu menyembuhkan infeksi. Selain itu, lada hitam juga memiliki sifat anti bakteri, yang bisa membantu menyembuhkan infeksi akibat bakteri.

Menjaga Kesehatan Mulut

Mengonsumsi lada hitam pada saat diet, juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mulut, agar tidak terserang bakteri. Lada hitam memiliki sifat anfi infeksi dan anti bakteri, sehingga kandungan yang ada di dalam lada, bisa membantu membunuh bakteri di mulut setelah mengonsumsi makanan. Lada hitam juga bisa menyembuhkan sakit gigi, infeksi mulut, hingga membantu mengobati peradangan pada gusi.

Menjaga Kesehatan Jantung

ilustrasi manfaat lada hitam/pexels
ilustrasi manfaat lada hitam/pexels

Rutin mengonsumsi lada hitam saat diet, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama menjaga kesehatan pada jantung. Lada hitam memiliki manfaat, yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat, yang merupakan penyebab dari sakit jantung.

Selain itu, lada hitam juga bisa membantu mengontrol tekanan darah, sehingga sangat aman dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki darah tinggi.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Rajin mengonsumsi lada hitam saat diet, bisa membantu menurunkan berat badan, karena lada hitam bisa membantu mengontrol nafsu makan. Kandungan piperin yang ada di dalam lada hitam, bisa membantu mengontrol produksi lemak, sehingga membantu perut agar tidak buncit.

Mengonsumsi lada hitam saat diet, bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga tidak akan terjadi penumpukan lemak didalam tubuh. Lada hitam juga dapat meningkatkan produksi enzim, untuk membantu mencerna lemak, karbohidrat dan protein di dalam tubuh.

Menjaga Sistem Pencernaan

ilustrasi manfaat lada hitam/pexels
ilustrasi manfaat lada hitam/pexels

Lada hitam memiliki banyak manfaat, jika dikonsumsi pada saat diet, seperti melancarkan sistem pencernaan pada tubuh. Lada hitam bisa merangsang cairan tubuh, dan meningkatkan enzim di perut, untuk melancarkan sistem pencernaan. Lada hitam bisa membantu sistem kerja pankreas, meringan gas pada lambung, dan meredakan sakit kolik.

Membantu Menyerap Nutrisi

Mengonsumsi lada hitam pada saat diet, sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena lada hitam bisa membantu penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, lada hitam bisa membantu menyerap vitamin, mineral dan fitonutrien dalam sebuah masakan.

Namun jika sedang mengonsumsi obat-obatan, konsultasikan dulu kepada dokter, karena lada hitam bisa mempengaruhi tubuh yang sedang terkontaminasi obat.

Membantu Mengontrol Gula Darah

ilustrasi manfaat konsumsi lada hitam saat diet/pexels
ilustrasi manfaat konsumsi lada hitam saat diet/pexels

Mengonsumsi lada hitam saat diet, sangat bermanfaat untuk membantu mengontrol kadar gula, sehingga lada hitam bisa dikonsumsi untuk orang yang menderita diabetes.

Menurut sebuah penelitian, lada hitam memiliki kandungan piperin, yang bisa mengatur metabolisme gula darah di dalam tubuh. Mengonsumsi lada hitam, bisa membantu mencegah hiperglikemia, yang bisa menyebabkan resiko diabetes.

Minyak yang terdapat pada lada hitam, bisa membantu menghambat enzim pemecah pati glukosa, yang menyebabkan gejala diabetes memburuk.

Semoga bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓