Lakukan 4 Hal Ini Jika Kamu Sering Merasa Lapar di Malam Hari

Imelda Rahma05 Jun 2020, 15:35 WIB
Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Tiba-tiba merasa lapar di malam hari pasti membuatmu kebingungan, apalagi jika hal ini sering terjadi. Pastinya kamu akan mengalami dilema antara membiarkan rasa laparmu atau menurutinya dengan makan sesuatu yang membuatmu kenyang.

Lapar di malam hari pastinya akan menjadi momen yang menyebalkan, terutama bagi kamu yang sedang berusaha keras menurunkan berat badan. Sering makan atau mengemil di malam hari sendiri bisa menyebabkan obesitas. Namun, seringkali kita menemukan kondisi sampai sulit tidur karena terpaksa menahan lapar akibat tidak ingin makan malam.

Nah, jika kamu mengalami kondisi demikian, apalagi gejala lapar tersebut sering bahkan hampir selalu terjadi setiap malam, maka kamu perlu memperhatikan kesehatan tubuh. Bisa jadi lapar yang kamu alami setiap malam ada hubungannya dengan kebiasaan buruk yang tidak sadar kamu lakukan atau kondisi badanmu memang sedang tidak sehat.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan berbagi informasi 4 hal yang perlu kamu lakukan jika sering merasa lapar di malam hari. Ulasan ini sekaligus akan menjadi arahan agar kamu juga dapat mengatasi kebiasaan lapar di malam hari. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengidentifikasi Rasa Lapar

Mengidentifikasi Rasa Lapar
Ilustrasi Lapar di Malam Hari Credit: freepik.com

Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika sering merasa lapar di malam hari ialah mengidentifikasi rasa laparmu sendiri. Hal ini penting kamu lakukan sebelum memutuskan untuk mengikuti rasa laparmu dan memakan sesuatu.

Mengidentifikasi rasa lapar maksudnya adalah mengenali dan memperkirakan rasa laparmu datang dari mana. Rasa lapar memang hal yang normal, bisa jadi karena kamu sedang diet dan mengurangi porsi makanan akhirnya kamu merasa lapar. Namun, rasa lapar juga bisa muncul akibat sugesti.

Kamu memiliki sugesti bahwa tidak lengkap jika tidak makan atau menganggap bahwa jika kamu tidak makan, maka kamu tidak bisa melakukan apa-apa. Jika kasusnya adalah sugesti, maka kamu perlu mengalihkan perhatian kepada hal-hal yang membuatmu mudah tertidur seperti membaca buku, berhitung, hingga mengatur napas.

Memperbaiki Pola Makan

Memperbaiki Pola Makan
Ilustrasi Pola Makan Sehat Credit: freepik.com

Kedua, hal yang perlu kamu lakukan ketika sering merasa lapar di malam hari ialah memperbaiki pola makanmu agar menjadi lebih sehat. Memulai pola makan sehat bisa dimulai dengan cara menerapkan pola makan saat sarapan yang memenuhi sebagian besar kebutuhan kalori harian dengan karbohidrat, protein, dan lemak.

Kemudian untuk siang dan malam hari bisa kamu selingi dengan mengonsumsi camilan sehat seperti buah untuk mencegah gula darah turun menjadi terlalu rendah. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang dapat menghasilkan energi dan rasa kenyang lebih lama seperti serat dan protein. Kamu juga bisa menerapkan trik menunda jam makan selama dua jam sebelum tidur untuk mencegah rasa lapar saat malam hari.

Menghindari Makanan Pemicu Rasa Lapar di Malam Hari

Menghindari Makanan Pemicu Rasa Lapar di Malam Hari
Ilustrasi Makan di Malam Hari Credit: freepik.com

Ketiga, hal yang perlu kamu lakukan saat sering merasa lapar di malam hari ialah menghindari makanan pemicu itu sendiri. Pada saat merasa lapar, kemungkinan besar itu karena kamu ingin memakan kembali makanan yang sudah kamu makan sebelumnya. Bisa jadi karena makanan tersebut adalah makanan manis atau mengandung MSG sehingga menggugah selera.

Jika sudah begitu, kamu harus melatih diri untuk menjauhi makanan-makanan tersebut yang dapat memicu untuk kamu makan di malam hari saat ingin tidur. Jika terasa berat, kamu bisa mengganti makanan tersebut dengan makanan yang lebih sehat seperti oatmeal atau yoghurt.

Menyediakan Makanan yang Tidak Kamu Sukai

Menyediakan Makanan yang Tidak Kamu Sukai
Ilustrasi Lapar di Malam Hari Credit: freepik.com

Terakhir, hal yang perlu kamu lakukan ketika sering merasa lapar di malam hari adalah memainkan sugesti dengan cara menyediakan makanan yang tidak kamu sukai saat kamu merasa lapar. Memang kedengarannya aneh namun, hal ini dapat membantumu melatih agar tidak mudah lapar di malam hari.

Sebenarnya langkah ini memiliki opsi lain, bisa jadi kamu menyediakan makanan yang tidak kamu sukai namun, bisa juga kamu mengganti makanan tersebut dengan makanan yang lebih sehat. Untuk makanan yang tidak disukai, direkomendasikan misalnya biskuit dan kue kering yang sekiranya kurang kamu sukai sehingga jika tidak dimakan maka, makanan tersebut tidak terbuang begitu saja karena lebih tahan lama.

Lanjutkan Membaca ↓