3 Tanaman Obat yang Bisa Ditanam dalam Pot

Meita Fajriana05 Jun 2020, 18:00 WIB
Tanaman obat

Fimela.com, Jakarta Ada banyak manfaat tanaman herbal yang bisa ditanam dalam pot. Tumbuhan ini nantinya bisa digunakan sebagai obat. Cara menanamnya tidak sulit, kamu bahkan bisa melakukannya di halaman depan rumah.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menanam tumbuhan herbal di dalam pot. Tanaman obat ini memiliki kebutuhan kelembaban yang berbeda dan menumbuhkannya dalam pot adalah cara mudah untuk mengontrol kelembaban tanah. Tentu saja, menanam tanaman obat dalam pot beberapa ada yang tumbuh menyebar agresif, seperti mint dan lemon, namun kamu bisa melakukan trik untuk mengendalikannya.

Bagi kamu yang ingin memulai menanam tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk obat di rumah, berikut tiga jenis tanaman herbal menggunakan pot, seperti dilansir dari situs Savvygardening, Jumat (5/6/2020).

1. Kemangi

Tanaman kemangi biasanya digunakan untuk rempah dengan efek menyegarkan. Sangat cocok untuk relaksasi tubuh karena aromanya dapat memberikan ketenangan saat dikonsumsi. Kemangi adalah tanaman obat yang bertahan di cuaca hangat dan tumbuh subur ketika ditanam dalam pot.

Untuk membuatnya tumbuh dengan baik kamu perlu menjaga tanah agar tetap kering dan mendapatkan banyak sinar matahari. Seperti kebanyakan tanaman herbal, kemangi sangat mudah dipanen, semakin sering dipangkas, maka daunnya akan tumbuh kembali. Pastikan juga untuk menjepit kuncup bunga yang muncul. Karena begitu kemangi mulai berbunga, rasa dan kualitas daunnya menurun.

 

2. Daun thyme

Tanaman obat
Belajar menanam tanaman obat dalam pot/ cottonbro from Pexels

Daun thyme merupakan tanaman herbal yang paling mudah dibudidayakan dalam pot. Daun ini banyak digunakan untuk pengobatan. Merawat tanaman ini termasuk mudah karena tahan terhadap kekeringan tanpa harus selalu diawasi. Bahkan ketika kamu kembali melihatnya dedaunan sudah tumbuh memenuhi pinggiran pot. Berikan sinar matahari penuh dan hindari pemberian air yang berlebihan.

3. Daun mint

Tanaman obat
Belajar menanam tanaman obat dalam pot/ cottonbro from Pexels

Menanam daun mint dalam pot terbilang mudah dan tahan lama. Bahkan jika kamu merawat dengan baik bisa tetap menikmati hasilnya hingga puluhan tahun. Ada banyak sekali jenis mint yang luar biasa dengan berbagai manfaat mulai dari pengobatan hingga kuliner seperti peppermint, chocolate mint, mojito mint, strawberry mint, dan spearmint.

Cara menanamnya dalam pot adalah dengan menggunakan tanah dua pertiga bagian pot, kemudian sepertiga bagian lagi tambahkan pupuk kompos. Jaga kelembapan tanah dengan baik agar tumbuh dengan baik. Kamu bisa menggunakan daun mint untuk banyak hal termasuk menghangatkan tubuh dengan memasukkannya ke dalam cangkir teh.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓