Bukti Studi, Orang yang Memiliki Gen Ini Ternyata Rentan Selingkuh

Febi Anindya Kirana10 Jun 2020, 17:15 WIB
pasangan cinta

Fimela.com, Jakarta Ada banyak faktor yang membuat seseorang ingin selingkuh, dan percaya atau tidak, gen ternyata memiliki andil yang tak terlihat terkait keputusan selingkuh.

Seperti disebutkan dalam penelitian yang dilakukan di Binghamton University, State University of New York tahun 2010 bahwa dorongan untuk selingkuh dalam diri seseorang kemungkinan berasal dari DNA dalam tubuh. Dengan kata lain, mereka punya gen rentan selingkuh.

DNA orang yang gampang selingkuh

Cincin Pernikahan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Orang-orang yang memiliki gen DRD4 (dopamine receptor D4 polymorphism) atau disebut juga gen "pencari tantangan dan petualangan" bukan hanya rentan selingkuh tapi juga cenderung melakukan kegiatan impulsif seperti berjudi, kecanduan alkohol dan obat-obatan terlarang.

Dikatakan pemimpin penelitian Justin Garcia bahwa orang-orang seperti ini mudah merasa penasaran dan punya keinginan besar mencoba hal-hal baru. Meski di satu sisi gen ini sangat baik dimiliki seseorang, di sisi lain (ketika tidak bisa menempatkan diri dengan dengan benar) juga bisa merugikan diri sendiri, salah satunya adalah bertindak impulsif dengan cara selingkuh.

Tentu saja tidak semua orang yang suka berpetualang dan suka tantangan adalah peselingkuh, karena pengaruh ekstrenal (di luar DNA) juga membantu membentuk kepribadian seseorang. Akan lebih baik jika mereka tahu pentingnya komitmen terlepas memiliki DNA itu atau tidak.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓