4 Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia

Meita Fajriana02 Jul 2020, 08:00 WIB
Media sosial

Fimela.com, Jakarta Berselancar di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok kini menjadi aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup sehari-hari. Saat ini, provider 3 Indonesia mencatat 95 persen pelanggannya merupakan pengguna smartphone dengan gaya hidup digital yang tinggi dan secara aktif mengakses media sosial setiap harinya. Terlebih lagi, rata- rata pengguna 3 menggunakan hingga 70 persen dari kuota yang mereka habiskan setiap harinya untuk berselancar di aplikasi media sosial.

Menyadari besarnya peranan media sosial dalam menghubungkan individu, minat, serta budaya dari berbagai belahan dunia, masyarakat internasional merayakan Hari Media Sosial Internasional setiap tanggal 30 Juni. Untuk memperingati Hari Media Sosial Internasional tahun ini, 3 Indonesia mendalami 4 aplikasi media sosial terpopuler, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok untuk mengetahui media sosial mana yang paling banyak digunakan oleh pengguna 3.

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4275378/4-hal-yang-dilihat-hrd-di-media-sosial-calon-karyawan-saat-perekrutan

Berikut data dan ulasan yang telah dikumpulkan dan dirangkum Fimela, Kamis (2/7/2020). Facebook menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna 3, hampir dua kali lipat dari Instagram yang berada di posisi kedua. Selain itu, hal menarik lainnya yang menarik adalah penggunaan TikTok. Media sosial yang relatif baru ini berhasil mendapatkan jumlah pengguna yang besar dalam waktu cepat sehingga mampu membuntuti Twitter dengan selisih jumlah pengguna yang tipis.

 

 

 

Tingginya konsumsi media sosial oleh masyarakat selama pandemi

Media sosial
Melihat empat media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia/ Dok. 3 Indonesia

Berdasarkan penggunaan data, Instagram menjadi media sosial yang rata-rata konsumsi data per hari nya paling tinggi. Tingginya konsumsi data ini didorong oleh durasi penggunaan harian yang tinggi dan basis konten Instagram yang berupa foto dan video. Di sisi lain, Twitter yang kontennya lebih banyak berbasis teks, memiliki rata-rata konsumsi data per hari yang paling irit dibandingkan Facebook, TikTok, dan Instagram.

“Media sosial telah merevolusi cara kita berkomunikasi. Melalui media sosial, keluarga, teman, hingga kerabat yang sudah lama tidak bertemu dan terpaut jarak yang jauh kini dapat tetap saling terhubung secara personal dengan cara yang mudah dan sederhana,” kata Desmond Cheung Chief Technical Officer Hutchison 3 Indonesia.

Akses media sosial dari masyarakat

Media sosial
Melihat empat media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia/ Credit: pexels.com/Piacquadio

“Peranan media sosial pun menjadi semakin penting di masa pandemi dan ketika orang mulai beradaptasi dengan new normal. Media sosial menjadi platform yang kita andalkan untuk mengetahui kabar teman-teman serta kerabat, juga untuk mendapatkan informasi mengenai kehidupan di sekitar kita. Hal ini menjadi motivasi kami untuk memberikan upaya yang terbaik dalam memberikan kenyamanan mengakses media sosial bagi pengguna kami,” tambahnya.

Kenaikan lalu lintas data social media di jaringan 3 meningkat pesat sebesar 60 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Agar penggunanya dapat tetap mengakses media sosial dengan lancar, 3 Indonesia telah mengoptimalkan jaringannya dengan teknologi terbaru Caching Solution. Teknologi ini membantu mempercepat akses pengguna ke beberapa layanan media sosial. Bersama dengan koneksi 4,5G Pro yang kini sudah 8 kali lebih cepat dan tersedia di lebih dari 33.000 desa di Indonesia, pengguna 3 akan dapat menikmati pengalaman terbaik berselancar di media sosial.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓