Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Kezia Prasetya Christvidya02 Jul 2020, 13:35 WIB
manggis-kezo

Fimela.com, Jakarta Buah manggis atau yang memiliki nama lain Garcinia Mangostana L, merupakan buah yang berasal dari Semenanjung Malaya, yang memiliki ciri khas warna ungu. Selain memiliki rasa manis, buah manggis memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan tubuh.

Buah manggis memiliki banyak kandungan dan gizi yang baik, seperti kaya vitamin dan zat-zat baik lainnya, yang bisa membuat tubuh dan kulit menjadi sehat.

Buah manggis juga digemari banyak perempuan, karena bisa membuat kulit tampak lebih muda. Buah manggis juga banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan. Berikut manfaat buah manggis, yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, dilansir dari berbagai sumber:

Menangkal Radikal Bebas

ilustrasi manfaat buah manggis untuk kesehatan/unsplash
ilustrasi manfaat buah manggis untuk kesehatan/unsplash

Manfaat buah manggis yang pertama untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai zat yang bisa membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh, karena manggis memiliki kandungan yang kaya antioksidan.

Menurut sebuah penelitian, buah manggis kaya akan antioksidan dan vitamin. Antioksidan yang terkandung di dalam buah manggis bernama Xanthones.

Buah manggis mengandung kurang lebih 20 jenis Xanthones, yang sebagian besar ditemukan di kulit manggis, dan bisa membantu menangkal radikal bebas. Selain itu, buah manggis juga mengandung vitamin C, yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

Menurunkan Berat Badan

ilustrasi manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh/unsplash
ilustrasi manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh/unsplash

Manfaat buah manggis yang kedua, yaitu membantu menurunkan berat badan, sehingga program dietmu akan lancar. Menurut sebuah penelitian, rutin mengonsumsi buah manggis selama 8 minggu, akan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Selain membantu menurunkan berat badan, memasukkan buah manggis ke dalam menu diet, bisa membuat tubuhmu menjadi lebih sehat.

Melancarkan Sistem Pencernaan

ilustrasi manfaat buah manggis untuk kesehatan/pixabay
ilustrasi manfaat buah manggis untuk kesehatan/pixabay

Manfaat buah manggis yang selanjutnya, bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, agar tidak mudah terserang penyakit seperti diare.

Buah manggis dan kulitnya, bisa membantu meredakan gangguan lambung, yang sering kali menyerang sistem pencernaan.

Buah dan kulit manggis sangat terkenal, sebagai obat ramuan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, dengan cara merendam kulit air semalaman.

 

Menyembuhkan Peradangan

ilustrasi manfaat buah manggis/unsplash
ilustrasi manfaat buah manggis/unsplash

Buah manggis memiliki sifat anti inflamasi, yang bisa membantu mencegah peradangan, dan menjaga kesehatan tubuh.

Ekstrak buah manggi, dipercaya memilikisifat anti-alergi dan anti-inflamasi, yang bisa membantu menghambat pelepasan histamin dan prostaglandin.

Sehingga buah manggis sering dijadikan ramuan obat-obatan, baik untuk menyembuhkan penyakit tubuh, hingga penyakit kulit yang sering menyerang dewasa atau anak-anak.

Mengontrol Kadar Gula Darah

ilustrasi manfaat buah manggis/unsplash
ilustrasi manfaat buah manggis/unsplash

Manfaat buah manggis yang terakhir, bisa membantu mengontrol kadar gula darah yang ada di tubuh, agar tubuh selalu sehat.

Buah ini memiliki kandungan serat yang banyak, mengandung vitamin, dan mengandung antioksidan.

Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam buah manggis, bisa membantu memberikan nutrisi pada tubuh, untuk membantu menstabilkan gula darah dan meningkatkan kontrol diabetes. 

Lanjutkan Membaca ↓