5 Tips Mencegah Perselingkuhan dalam Rumah Tangga yang Bisa Dicoba

Imelda Rahma06 Jul 2020, 10:35 WIB
Couple

Fimela.com, Jakarta Salah satu permasalahan serius yang dapat menghancurkan hubungan rumah tangga ialah perselingkuhan. Perselingkuhan seperti menjadi isu kontemporer yang timeless dalam sebuah hubungan percintaan. Perselingkuhan bisa terjadi pada pasangan saat sebelum bahkan sesudah menikah.

Jangan dianggap sepele, perselingkuhan melibatkan aspek penting dalam rumah tangga dan hubungan antara dua orang yang mengikat janji suci pernikahan yakni kepercayaan. Kepercayaan sendiri merupakan pondasi rumah tangga yang sangat penting dan harusnya dapat dijaga dan dihormati satu sama lain.

Satu kali saja ada pengkhianatan yang merusak kepercayaan dalam rumah tangga, maka sulit untuk mengembalikan ataupun memperbaikinya. Bahkan tidak jarang karena persoalan selingkuh bisa berujung pada perceraian. Jika kamu tidak ingin kondisi rumah tangga hancur hanya karena perselingkuhan, maka kamu harus tahu cara untuk mencegahnya.

Fimela.com kali ini akan berbagi informasi 5 tips mencegah perselingkuhan dalam rumah tangga yang bisa dicoba. Jaga rumah tanggamu dengan baik dan jangan pernah membiarkan orang ketiga hadir merusak semuanya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Menjalankan Peran dalam Keluarga

Menjalankan Peran dalam Keluarga
Ilustrasi Hubungan Keluarga Credit: pexels.com/Ksenia

Tips mencegah perselingkuhan dalam rumah tangga yang pertama bisa kamu coba ialah dengan menjalankan peran dalam keluarga dengan maksimal. Salah satu keluhan suami pada istri ialah ketika istri masih belum bisa menjalankan perannya dengan baik begitupun sebaliknya.

Dengan menjalankan peran sebagai seorang istri dan suami teladan, bukan hanya keluarga yang dapat harmonis, tetapi hubungan cinta antara suami dan istri juga akan ikut hangat. Satu sama lain akan saling merasa beruntung karena pasangannya bisa menjalankan perannya dengan baik sehingga segala kebutuhan dalam keluarga dapat terpenuhi.

Menjaga Penampilan

Menjaga Penampilan
Ilustrasi Perempuan Credit: pexels.com/Tuan

Selanjutnya, tips kedua untuk mencegah perselingkuhan terjadi dalam rumah tangga ialah menjaga penampilan. Percaya atau tidak, banyak kasus perselingkuhan terjadi hanya karena istri tidak menjaga penampilannya sehingga membuat suami tidak betah di rumah. Sementara diluar sana ada banyak perempuan cantik yang siap menjadi orang ketiga.

Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, jagalan penampilanmu didepan suami sekalipun kamu berada di rumah. Tetaplah berusaha cantik untuk suami agar ketika melihatmu, ia akan semakin jatuh cinta dan merasa sebagai pria paling beruntung karena telah memiliki seorang istri yang pandai merawat diri.

Berikan Perhatian Lebih

Berikan Perhatian Lebih
Ilustrasi Pasangan Suami Istri Credit: pexels.com/pixabay

Ketiga, tips mencegah perselingkuhan dalam rumah tangga selanjutnya ialah jangan lupa untuk memberi perhatian lebih ke pasangan. Sekalipun sudah menikah, bukan berarti masa untuk memberikan perhatian kepada pasangan jadi berakhir, justru harus tetap dipertahankan. Berikan perhatian lebih kepada pasanganmu layaknya seperti pertama kali jatuh cinta.

Banyak perselingkuhan terjadi akibat pasangannya tidak mampu memberikan perhatian seperti pada saat mereka belum menikah. Entah karena kesibukannya dalam menjalankan peran dalam keluarga atau sibuk dengan pekerjaannya, tidak ada alasan untuk mengabaikan pasanganmu sendiri. Jika kamu tidak ingin ada orang lain yang memerhatikannya, maka kamu harus memberikannya perhatian lebih agar ia merasa tetap dicintai.

Selalu Memberi Dukungan

Selalu Memberi Dukungan
Ilustrasi Pasangan Suami Istri Credit: pexels.com/pixabay

Setiap pria pasti akan mudah luluh ketika pasangannya mampu memberi dukungan dan juga apresiasi. Ingat, sekalipun dia sudah menjadi suami, ia tetaplah pria yang ego-nya harus kamu beri makan. Ego pria dalam maksud kebutuhan untuk diapresiasi dan dibanggakan atas kerja kerasnya. Hal itu penting dan dibutuhkan juga oleh pria.

Mereka mungkin tidak akan mengatakannya namun akan tetap merasakan dan mengharapkan hal tersebut datang dari istrinya yang tercinta. Lagipula memberi dukungan kepada seseorang yang kita cintai bukanlah beban namun sesuatu yang seharusnya secara otomatis dilakukan untuk menunjukkan bahwa kamu mencintainya dan selalu siap berada disampingnya, dalam kondisi apapun.

Mengulang Kembali Masa Pacaran

Mengulang Kembali Masa Pacaran
Ilustrasi Pasangan Suami Istri Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, tips mencegah perselingkuhan dalam rumah tangga yang bisa kamu coba ialah dengan mengulang kembali masa pacaran. Ambil sedikit waktu di hari libur untuk melakukan aktivitas menyenangkan yang pernah kalian lakukan bersama dulu.

Cara ini sangat ampuh untuk mencegah perselingkuhan karena dengan mengambil waktu untuk mengenang kisah cinta bisa membuat pasanganmu jatuh cinta padamu setiap hari dan juga merasa kagum. Pasanganmu akan merasa bahwa kamu menghargai dan bekerja keras untuk membuat hubungan semakin hangat dan langgeng.

Lanjutkan Membaca ↓