Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Bakso Sapi Rumahan yang Kenyal dan Tidak Alot

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Bakso sapi yang paling enak adalah yang hasil buatan sendiri. Kita bisa menggunakan bahan-bahan terbaik dan membuat porsi yang lebih besar dengan lebih hemat. Hanya saja kadang kalau keliru dalam mengikuti langkah-langkah pembuatannya, hasilnya jadi alot.

Untuk membuat bakso daging sapi yang kenyal dan tidak alot, ada langkah-langkah yang perlu diikuti secara berurutan. Sebelumnya, siapkan dulu bahan-bahannya seperti ini:

  • 500 gram daging sapi tanpa lemak
  • 150 gram es batu
  • 1 sdm bawang putih gurih, haluskan
  • 1 sdm bawang merah goerng, haluskan
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 1 butir putih telur
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 100 gram tepung sagu
  • 1/2 sdt baking powder

Daging Sapi Digiling dengan Es Batu

Cuci bersih daging lalu potong kecil-kecil. Setelah itu masukkan di blender dan haluskan. Lalu masukkan separuh es batu, bawang putih, dan bawang merah. Giling lagi sampai halus. Tambahkan garam. Giling kembali.

Pastikan Daging Tetap dalam Keadaan Dingin

Tambahkan gula pasir, lada bubuk, putih telur, tapung sagu, dan baking powder. Tambahkan lagi sisa es batu. Giling sampai halus. Pastikan adonan daging selalu dalam keadaan dingin (dengan memasukkan es batu secara bertahap). Giling sampai adonan bakso halus dan berwarna sedikit merah muda.

Rebus Bakso dengan Api Kecil

Didihkan air. Setelah air mendidih, kecilkan api. Pastikan air untuk merebus daging tidak dalam keadaan "bergejolak". Bentuk adonan bakso bulat-bulat, lalu masukkan ke dalam air rebusan. Lakukan sampai adonan habis.

Setelah Bakso Mengambang, Besarkan Api

Untuk menghasilkan bakso daging sapi yang matangnya sempurna dan merata, setelah bakso mengambang, besarkan apinya sedikit. Masak kembali selama kurang lebih 5 menit.

Bakso yang Sudah Matang Dimasukkan ke Dalam Air Dingin

Siapkan wadah yang berisi air matang dingin (bisa ditambah es batu). Bakso yang sudah matang segera dipindahkan ke dalam air dingin. Tujuannya agar teksturnya lebih kenyal. Setelah itu tiriskan.

Cukup mudah bukan membuat bakso daging sapi ini? Bakso daging sapi ini bisa dinikmati dengan tambahan mi, gorengan, atau tahu dengan kuah kaldu yang sedap. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading