Peluang Mengobati Gangguan Kepribadian Antisosial dari Drama It's Okay To Not Be Okay

Vinsensia Dianawanti08 Jul 2020, 19:30 WIB
Tiru Gaya Makeup ala Seo Ye Ji dalam Drama It’s Okay To Not Be Okay, Tampilkan Sisi Misterius yang Menggoda

Fimela.com, Jakarta Serial drama Korea It's Okay To Not Be Okay mungkin menuai banyak teguran oleh Korea Communication Standars Commission. Teguran tersebut mengarah ke beberapa adegan yang dinilai melanggar standar penyiaran.

Meski demikian, drama It's Okay To Not Be Okay yang menceritakan soal penyembuhan emosional seseorang tetap diminati oleh masyarakat. Salah satu aktor utama Moon Young yang diperankan oleh Seo Ye Ji sebagai penulis cerita anak-anak dengan gangguan kepribadian antisosial.

Gangguan kepribadian antisosial yang dialami Moon Young membuat kasar, egois, dan sombong. Menurut psikolog Intan Erlita, orang dengan gangguan kepribadian antisosial mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan orang banyak.

"Makanya dia memilih untuk sendiri, punya dunianya sendiri. Kalau punya teman, biasanya hanya itu-itu saja. Ada rasa insecure yang ia alami," ungkap Intan Erlita.

Bisa disembuhkan

Tiru Gaya Makeup ala Seo Ye Ji dalam Drama It’s Okay To Not Be Okay, Tampilkan Sisi Misterius yang Menggoda
(c) Facebook/tvNDrama

Intan menjelaskan bahwa orang dengan gangguan kepribadian antisosial ini biasanya memiliki trauma di masa lalu. Bisa dari pola asuh orangtua yang sering membentak dan memberikan ancamana kepada anaknya. Akan ada rasa ketakutan yang selalu ia rasakan tentang hal-hal di sekitar.

Masih memungkinkan untuk orang dengan gangguan kepribadian antisosial ini sembuh. Termasuk dengan terapi Butterfly Hug yang menjadi cukup populer melalui ini. Namun sebelum memulai terapi, sangat penting bagi seseorang untuk menyadari bahwa ada sesuatu yang salah dalam dirinya.

"Harus menyadari ada sesuatu yang salah. Dia tidak akan pernah bisa diobati ketika dia tidak merasa sakit. Ketika sudah bisa menerima, biasanya inner circle bisa membantu mendukung," jelas Intan.

Namun ketika keluarga maupun sahabat sudah tidak mampu menangani gangguan yang dirasakan seseorang, keluarga bisa memasukkan ke dalam group coaching. Menurut Intan, dengan bergabung di group coaching akan tumbuh rasa motivasi untuk sembuh karena melihat orang-orang yang memiliki kondisi serupa.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓