Terjadi Kesalahpahaman dalam Keluarga Itu Wajar

Endah Wijayanti12 Jul 2020, 10:15 WIB
hari-hari bersama mama

Fimela.com, Jakarta Setiap keluarga memiliki banyak kisah dan makna tersendiri. Baik kisah bahagia maupun kisah yang berurai air mata. Kisah tentang orangtua, saudara, atau kerabat dalam keluarga. Ada makna dan pelajaran yang bisa dipetik dari setiap kisah yang kita miliki dalam keluarga. Melalui Lomba My Family Story ini Sahabat Fimela bisa berbagai kisah tentang keluarga.

***

Oleh: Nur Lailatul Faizah

Keluarga adalah satu kata yang terdiri dari delapan huruf dan memiliki makna tersendiri bagi tiap individu. Bagiku keluarga adalah penyejuk hati, penyemangat terbesar di hidupku, pendamping paling setia di saat semua orang pergi meninggalkanku saat aku sedang terpuruk. Ya, memang hanya keluarga yang selalu ada dan setia menemani kita dalam kondisi apa pun.

Tiap anggota keluarga memiliki tipe dan caranya masing-masing untuk menciptakan kedamaian di dalamnya. Ada seorang ayah yang selalu mengayomi seluruh anggota keluarga agar selalu merasa aman dan terhindar dari rasa takut dan cemas. Ada seorang ibu yang berperan sebagai malaikat tanpa sayap yang selalu melindungi keluarganya, siap mengorbankan seluruh hidupnya dan melakukan apa pun untuk kebahagian keluarganya. Ada beberapa anak dengan berbagai latar belakang kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang nakal tapi manja, ada yang polos tapi penyayang, ada juga yang galak tapi keibuan. Mereka saling melengkapi dalam satu keluarga.

Tetapi dalam keluarga juga sering terjadi kesalahpahaman. Entah ada yang merasa diabaikan, entah ada yang merasa haknya tidak terpenuhi, entah ada yang merasa diberi beban paling banyak dalam keluarga, atau entah karena sikap egois dari masing-masing anggota keluarga. Banyak faktor yang menjadi pemicu hubungan di dalam anggota keluarga menjadi tidak harmonis. 

 

Berkomunikasi dalam Keluarga

ibu guru kehidupanku
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Asia+Images+Group

Saya bersyukur karena terlahir di keluarga yang selalu mengutamakan musyawarah untuk mencapai kata mufakat. Ayah saya yang selalu menjadi moderator pada saat musyawarah berlangsung. Jika ada masalah semua anggota keluarga dikumpulkan menjadi satu di ruang tamu dan menyampaikan pendapatnya masing-masing. Dari musyawarah ini selalu memberikan hasil yang terbaik yang disetujui oleh semua anggota keluarga meskipun sebelumnya ada yang pro dan ada yang kontra. 

Tetapi semua anggota keluarga selalu berusaha melakukan hasil musyawarah dengan baik karena ini atas dasar keputusan bersama. Dari sini saya bisa mengetahui betapa pentingnya arti komunikasi dalam menjaga keharmonisan dalam keluarga. Mungkin kita bisa mencari puluhan bahkan ribuan teman yang bisa kita anggap sebagai keluarga. Tapi keluarga adalah keluarga yang tidak akan pernah bisa kita temukan di luar sana. Hanya ada di dalam keluarga kita.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓