Berapa Lama Sebenarnya Makanan Sisa Bisa Disimpan di Kulkas?

Febi Anindya Kirana13 Jul 2020, 14:19 WIB
makanan sisa

Fimela.com, Jakarta Ketika beli makanan atau masak sendiri di rumah, tidak jarang kita tidak bisa sekaligus menghabiskan makanan yang kita santap. Pada akhirnya ada makanan sisa di meja. Jika sayang dibuang, kebanyakan orang akan mengemasnya di dalam wadah tertutup agar bisa disimpan di kulkas dan dimakan nanti ketika lapar.

Tapi sebenarnya berapa lama makanan sisa bisa disimpan? Karena terkadang makanan sisa terlupakan hingga tak layak makan dan akhirnya jadi sampah kulkas.

Dilansir dari Healthline, lama waktu simpan makanan sisa di kulkas ternyata tergantung dari jenis makanan itu sendiri. Berapa lama makanan dimasak, bahannya apa, dan bagaimana cara penyimpanannya sangat berpengaruh ketika dimasukkan ke dalam kulkas karena beberapa jenis makanan lebih mudah basi dari makanan lainnya.

Lama Penyimpanan Makanan Sisa

makanan sisa
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/simon migaj

Tapi umumnya makanan sisa terdiri dari banyak kombinasi makanan, misalnya nasi goreng seafood. Nasi dan seafood memiliki lama penyimpanan sebagai makanan matang yang berbeda, seafood lebih mudah basi. Untuk kasus seperti ini, jadikan makanan yang lebih mudah basi sebagai acuan lama waktu makanan sisa disimpan.

Berikut ini panduan yang bisa diterapkan.

  1. Buah dan sayur: setelah dicuci bersih dan dipotong-potong, dalam keadaan mentah buah dan sayur dapat disimpan maksimal 3-5 hari karena kesegaran dan nutrisinya akan menurun. Dalam kondisi sudah dimasak, menjadi lebih lama sekitar 3-7 hari jika dikemas dengan baik (bersih dan rapat).
  2. Roti dan berbagai macam kue: Karena dimasak dalam suhu tinggi, makanan jenis roti bisa disimpan di kulkas lebih lama, sekitar 5-7 hari.
  3. Makanan yang digoreng: Makanan ini biasanya kering jadi bisa disimpan cukup lama, maksimal 3-4 hari, termasuk nasi dan mie goreng yang dimasak kering. 
  4. Pasta dan olahan mie: Karena dimasak dengan air, sebaiknya makanan jenis pasta dan mie tidak disimpan lebih dari 3 hari.
  5. Makanan tinggi protein dan lembap (daging sapi, kambing, unggas, telur dan ikan): jenis makanan ini punya risiko tinggi cepat basi jika disimpan terlalu lama. Sebaiknya tidak lebih dari 1-2 hari disimpan di kulkas.
  6. Makanan berair, berkuah dan tumisan: Sebaiknya tidak disimpan lebih dari 3 hari di kulkas dan segera dikonsumsi. Penyimpanan yang tepat bisa menambah masa simpan namun tidak terlalu lama. Akan lebih baik jika disimpan di dalam freezer. 

Itu dia panduan yang bisa digunakan untuk mengetahui seberapa lama makanan sisa bisa disimpan di dalam kulkas. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓