4 Jenis Latihan Otot yang Mampu Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Para Pesepeda

Anisha Saktian Putri03 Agu 2020, 19:30 WIB
Ilustrasi bersepeda

Fimela.com, Jakarta Adaptasi kebiasaan baru membuat banyak orang untuk tekun menjaga pola hidup yang sehat. Sepeda pun menjadi alternatif olahraga yang kini menjadi tren di tengah masyarakat.

dr. Michael Triangto, SpKO, Sport Medicine Specialist mengatakan bersepeda baik untuk kesehatan tubuh seperti mencegah dari penyakit seperti hipertensi, diabetes, hingga serangan jantung. Namun, menurutnya sehat saja tidak cukup, melainkan tubuh harus tetap bugar.

Kebugaran akan didapatkan dengan melatih otot kita. "Jadi sehat harus dibarengi oleh bugar, bugar sendiri bisa didapakan dengan melatih otot. Tidak perlu meninggalkan sepeda, kita tetap dapat menggunakan sepeda kita," ujar dr. Michael dalam video yang diterima Fimela.com.

Untuk itu, dr. Micheal merekomdasikan berbagai gerakan latihan otot yang bisa dilakukan bersama sepeda kesayangamu, simak ulasannya. 

1. Bisep curl

Bisep curl menggunakan sepeda/dok. video dr. Michael Triangto
Bisep curl menggunakan sepeda/dok. video dr. Michael Triangto

Hal pertama yang kita bisa lakukan adalah dengan melatih dengan cara bisep curl. Jika biasanya bisep curl menggunakan dumbbell, kali ini bisa mengangkat sepeda kita secara perlahan. 

2. Squat dan side lunges

side lunges/dok. video dr. Michael Triangto
side lunges/dok. video dr. Michael Triangto

Selain lengan, penguatan otot-otot tungkai juga bisa dilakukan dengan squat. "Bisa squat sambil mengangkat sepeda kita," ujar dr. Michael. Bisa juga dengan latihan side lunges.

Squat/dok. video dr. Michael Triangto
Squat/dok. video dr. Michael Triangto

3. Calf Raises

Calf Raises/dok. video dr. Michael Triangto
Calf Raises/dok. video dr. Michael Triangto

Untuk otot betis bisa menggunakan latihan calf raises. Seperti gerakan berjinjit, tahan sebentar lalu turunkan kaki. Sebagai tips, bisa juga menggunakan sepeda sebagai tumpuan.

4. Peragangan

Peragangan/dok. video dr. Michael Triangto
Peragangan/dok. video dr. Michael Triangto

Serta yang terakhir, jangan lupa untuk melakukan peregangan. "Dengan demikian bersepeda tidak hanya gowes saja, tapi bisa ditambah dengan latihan otot gar tetap sehat dan bugar," tutupnya

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓