7 Situasi Hubungan yang Memperbolehkan Kamu Berbohong pada Pasangan

Vinsensia Dianawanti03 Agu 2020, 13:30 WIB
Sering Tertawa dan Menunjukkan Senyum Palsu

Fimela.com, Jakarta Memang kejujuran adalah salah satu kunci penting dalam menjalani sebuah hubungan cinta. Namun apakah dalam sebuah hubungan mengharuskanmu harus selalu jujur?

Pernahkah mendengar istilah "White Lies"? Menurut beberapa penelitian, white lies atau berbohong justru kerap membantu meningkatkan kepercayaan dalam hubungan. Para ahli menilai bahwa orang akan lebih sering memilih seseorang yang memiliki niat dan kebohongan yang baik daripada mengatakan yang sebenarnya.

Tindakan berbohong ini dianggap baik hanya untuk beberapa kondisi saja. Tujuannya pun hanya ingin melindungi perasaan pasangan. Seperti dilansir dari Bright Side, berbohong bisa dilakukan jika kamu berada di situasi hubungan berikut ini.

1. Terjebak dalam hubungan yang kasar

Dalam hubungan yang kasar tidak ada yang bisa ilakukan selain memastikan keamanan dan keselamatanmu. Jika kamu hendak keluar dari hubungan ini, kamu harus memastikan caramu keluar tidak terlalu agresif. Untuk melancarkan aksimu ini, kamu bisa berbohong dengan segala rencana yang bisa kamu lakukan.

 

2. Ketika pasangan menanyakan perasaanmu pada orang lain

Perempuan berbohong
Ilustrasi perbedaan pria dan perempuan saat berbohong/copyright shutterstock

Mungkin kamu akan cenderung menghindarinya ketika ditanya hal seperti ini. Justru tindakan ini hanya akan membuat pasangan menaruh curiga. Untuk itu, akan sangat baik jika kamu mengatakan tidak dan berbohong dengan pasangan.

3. Saat hendak putus

Memutuskan hubungan bukanlah perkara mudah. Mungkin kamu ingin segera mengakhiri hubungan ini karena sudah tidak merasa cocok dengan pasangan. Daripada membuat pembelaan dan mencari alasan yang memperkeruh suasana, lebih baik katakan bahwa masalah ada pada dirimu. Ini akan mengurangi drama berkepanjangan yang melelahkan.

4. Menghentikan pertengkaran

Melelahkan bukan menghadapi pertengkaran dengan pasangan? Kamu bisa mempertimbangkan seberapa bermaknanya pertengkaran ini akan masalah yang dibahas. Jika pertengkaran ini seharusnya tidak terjadi, kamu bisa meminta maaf dan berpura-pura menyetujui pendapat pasangan.

 

5. Ketika pasangan memberikan makanan yang tidak enak

Melakukan Pengulangan Kata
Ilustrasi Pria yang Sedang Berbohong Credit: freepik.com

Butuh sebuah usaha lebih baginya untuk mempersiapkan makanan kesukaanmu. Sayangnya, ternyata makanan yang dibuatnya tidak seenak yang kamu bayangkan. Untuk menghargai apa yang pasangan lakukan, kamu bisa sedikit berbohong. Sembari menyelipkan kritikan kecil agar ia bisa memperbaikinya.

6. Membatalkan kencan

Ketika baru menjalin hubungan rasanya ingin bertemu setiap saat. Namun di saat yang bersamaan kamu juga butuh waktu untuk bertemu-temu. Jika sudah terlanjur ada janji kencan, kamu bisa membatalkannya dengan cara berbohong. Tentu bukan dengan selingkuh, ya?

7. Ketika pasangan memiliki pilihan pakaian yang kurang tepat

Akan ada kalanya pasangan gagal membuatmu terkesan dengan pilihan pakaiannya. Kamu bisa mengatakan yang sebenarnya bahwa pilihan pakaiannya tidak tepat. Namun sepertinya harus sedikit dibumbui kebohongan agar tidak terlalu terdengar menyakitkan bagi pasangan.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓